Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62697
Title: Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, & Test) pada Siswa kelas V SDN Mojosari 03 Puger Jember Tahun Pelajaran 2012/2013
Authors: Mayang Anggraeni, Mayang
Hari Satrijono, Hari
Suhartiningsih
Keywords: membaca pemahaman
metode PQRST
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Abstract: Membaca menjadi salah satu kebutuhan yang sangat pokok dan tanpa membaca seseorang dapat melewatkan sesuatu yang penting dalam hidupnya. Mengingat begitu pentingnya peran membaca maka kemampuan membaca mutlak dikuasai oleh setiap individu . Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Membaca terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah membaca pemahaman. Membaca pemahaman dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode PQRST. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SDN Mojosari 03 Puger Jember diterapkan metode PQRST dalam pembelajaran. Penerapan metode PQRST dibagi menjadi 2 siklus dengan siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 2 hanya 1 pertemuan. Siklus 1 pertemuan ke 1 merupakan tahap pengenalan metode PQRST kepada siswa dilanjutkan pada pertemuan ke 2 merupakan tahap tes untuk menguji pemahaman siswa. Siklus 2 yang merupakan pemantapan bagi siswa setelah menerapkan metode PQRST pada siklus 1. Ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode PQRST dari 56% pada pra siklus dengan 15 siswa tuntas dan 12 siswa tidak tuntas menjadi 81% pada siklus 1 dengan 22 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas . Selanjutnya, setelah melaksanakan siklus 2, diketahui adanya peningkatan hasil belajar dari 81% pada siklus 1 menjadi 93% pada siklus 2 dengan 25 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas .
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62697
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mayang Anggraeni.pdf308.12 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.