Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62692
Title: | Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah - Masalah Sosial Kelas IVB SDN 7 Kajarharjo Kalibaru Tahun Ajaran 2012 - 2013 |
Authors: | Riyan Eka Andriyani, Riyan Sukidin, Sukidin Marjono, Marjono |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Metode Problem Solving. |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IV SDN 7 Kajarharjo, Kalibaru, Banyuwangi tahun pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran IPS melalui berpikir kritisdan hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi menunjukkan persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 2,9 meningkat pada siklus II sebesar 3,5 sehingga peningkatannya sebesar 0,6. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65%, meningkat pada siklus II sebesar 95% sehingga peningkatannya sebesar 95 %. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62692 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Riyan eka.pdf | 309.85 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.