Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62692
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRiyan Eka Andriyani, Riyan-
dc.contributor.authorSukidin, Sukidin-
dc.contributor.authorMarjono, Marjono-
dc.date.accessioned2015-06-24T01:47:19Z-
dc.date.available2015-06-24T01:47:19Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62692-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IV SDN 7 Kajarharjo, Kalibaru, Banyuwangi tahun pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran IPS melalui berpikir kritisdan hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi menunjukkan persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 2,9 meningkat pada siklus II sebesar 3,5 sehingga peningkatannya sebesar 0,6. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65%, meningkat pada siklus II sebesar 95% sehingga peningkatannya sebesar 95 %.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis,en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectMetode Problem Solving.en_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah - Masalah Sosial Kelas IVB SDN 7 Kajarharjo Kalibaru Tahun Ajaran 2012 - 2013en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Riyan eka.pdf309.85 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.