Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62692
Title: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah - Masalah Sosial Kelas IVB SDN 7 Kajarharjo Kalibaru Tahun Ajaran 2012 - 2013
Authors: Riyan Eka Andriyani, Riyan
Sukidin, Sukidin
Marjono, Marjono
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis,
Hasil Belajar
Metode Problem Solving.
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IV SDN 7 Kajarharjo, Kalibaru, Banyuwangi tahun pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran IPS melalui berpikir kritisdan hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi menunjukkan persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 2,9 meningkat pada siklus II sebesar 3,5 sehingga peningkatannya sebesar 0,6. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65%, meningkat pada siklus II sebesar 95% sehingga peningkatannya sebesar 95 %.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62692
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Riyan eka.pdf309.85 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.