Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62688
Title: Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playingdalam Pembelajaran PKN Tema K3 (Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan) di Kelas III SDN 1 Setail Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2013-2014
Authors: FITRIANNA, Alfi Yusfika Dian
YULIATI, Nanik
MARDIATI,, Yayuk
Keywords: METODE ROLE PLAYING
AKTIVITAS BELAJAR SISWA
HASIL BELAJAR SISWA
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Metode Role Playing pada pembelajaran PKn tema K3 (Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan) yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan di SDN 1 Setail terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Secara umum masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran PKn di SDN 1 Setail yakni kurangnya variasi dalam penggunaan metode pembelajaran,umumnya masih didominansi dengan metode ceramah . Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas III SDN 1 Setail dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas.. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Melalui Metode Role Playing guru mengenalkan aturan-aturan yang berada di sekolah, di rumah dan di masyarakat yang harus mereka ketahui dan mereka laksanakan dengan cara mengajak siswa bermain peran yang menghadirkan situasi dunia nyata kedalam kelas sehingga siswa dapat merasakan secara langsung situasi dan keadaan di lingkungan sekitarnya untuk dapat mengatasi dan menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivivitas dan hasil belajar siswa di kelas SDN 1 Setail mengalami peningkatan. Peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 33,1%, sedangkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas siswa dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 9,58%. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 25%, sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 30%.Jadi, Metode Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62688
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Alfi Yusfika.pdf296.5 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.