Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62486
Title: Pengelompokan Minimarket Waralaba Berbasis GIS dengan Menggunakan Metode Hierarchical Clustering
Authors: Saiful Bukhori
Ifrina Nuritha, Windi Eka Yulia Retnani
Keywords: Lokasi Usaha, Tingkat Keberhasilan Usaha, Hierarchical Clustering Sistem Informasi Geografis
Issue Date: 12-May-2015
Abstract: Lokasi merupakan salah satu factor dalam bauran pemasaran ritel (retail marketing mix) yang dapat mempengaruhi keberhasilan usaha bisnis ritel seperti minimarket waralaba. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh lokasi usaha terhadap tingkat keberhasilan usaha minimarket waralaba dengan system informasi geografis. Tingkat keberhasilan usaha ditentukan dengan mengelompokkan minimarket waralaba berdasarkan 6 indikator keberhasilan usaha menggunakan 5 metode hierarchical clustering. Identifikasi pengaruh lokasi usaha terhadap tingkat keberhasilan usaha dilakukan dengan 4 operasi spasial dalam system informasi geografis, yaitu geocoding,measurement,query dan overlay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode single linkage merupakan metode clustering terbaik yang mempunyai nilai rasio simpangan baku dalam kelompok (Sw) dan sampingan baku antar kelompok (Sb) paling kecil dibandingkan keempat metode lainnya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62486
Appears in Collections:Prodi Sistem Informasi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
pengelompokan.pdf3.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.