Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62456
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Fitriakristiani, Rona | - |
dc.contributor.author | Hendrawijaya, A.T. | - |
dc.contributor.author | Tri Indrianti, Deditiani | - |
dc.date.accessioned | 2015-05-07T04:06:13Z | - |
dc.date.available | 2015-05-07T04:06:13Z | - |
dc.date.issued | 2012 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62456 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini membahas kontribusi pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas anak yang mulai memasuki dunia persekolahan. KB (Kelompok Belajar) merupakan suatu lembaga pendidikan Non Formal untuk usia dini yang baru memasuki dunia persekolahan, dimana peserta didiknya sudah mempunyai rasa percaya diri, imajinasi yang tinggi & rasa ingin tahu terhadap segala hal baru. KB 'AISYIYAH III adalah salah satu KB yang berlokasi di Sumbersari Jember dimana peserta didiknya sebagai objek penelitian. Permasalahan yang ingin dipecahkan yaitu adakah kontribusi pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas anak di KB 'AISYIYAH III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi dari pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas anak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Penentuan responden menggunakan teknik populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode Kuesioner dengan N=20, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan Regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan software SPSS seri 21. hasil perhitungan deskripsi memperlihatkan bahwa dari 20 responden, terdapat besar kontribusi yang berbeda-beda. Gambaran umum tiap indikator pendidikan keluarga yaitu memberikan keyakinan agama terhadap percaya diri memberikan pengaruh kontribusi sebesar 74,9% ,memberikan keyakinan agama terhadap imajinasi memberikan sebesar 77,5%, memberikan keyakinan agama terhadap rasa ingin tahu sebesar 21,3%. Adapun besar pengaruh kontribusi indikator perkembangan bahasa terhadap terhadap percaya diri sebesar 61,1%, perkembangan bahasa terhadap imajinasi sebesar 51,4%, perkembangan bahasa terhadap rasa ingin tahu sebesar 24,5%. Sedangkan perkembangan sosial terhadap percaya diri memberikan pengaruh kontribusi sebesar 69%, perkembangan sosial terhadap imajinasi sebesar 25,1%, Sedangkan untuk perkembangan sosial terhadap rasa ingin tahu sebesar 45,9%. Diketahui bahwa adanya kontribusi menyatakan Hipotesis kerja (Ha) diterima yaitu adanya kontribusi pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas di KB ‘AISYIYAH III Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun 2013-2014. | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.relation.ispartofseries | ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA; | - |
dc.subject | Pendidikan Keluarga | en_US |
dc.subject | Perkembangan kreativitas anak | en_US |
dc.title | Kontribusi Pendidikan Keluarga Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di KB 'AISYIYAH III Kecamatan Sumbersari kabupaten Jember Tahun 2013/2014 | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Rona Fitria.pdf | 253.74 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.