Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/6187
Title: PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA KPK DAN FPB DI KELAS V SDN KENCONG 05 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
Authors: UMI SYAHROZAD
Keywords: PENDEKATAN KONTEKSTUAL, MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA
Issue Date: 8-Dec-2013
Series/Report no.: 070210204151;
Abstract: Latar belakang dari penelitian tindakan ini berdasarkan hasil observasi awal di lapangan dan informasi dari wali kelas V SD Negeri Kencong 05 Jember ditemukan bahwa kemampuan siswa kelas V SD Negeri Kencong 05 Jember dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB pada umumnya masih rendah, siswa masih kesulitan menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB, siswa kurang termotivasi untuk bertanya, dan siswa masih belum bisa menemukan sendiri suatu konsep Matematika. Berdasarkan masalah yang ditemukan, salah satu strategi untuk mengatasi masalah pembelajaran adalah menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK dan FPB dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester 1, bagaimanakah aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK dan FPB dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V semester 1, dan bagaimanakah hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran menyelesaikan soal cerita yang berkaitan KPK dan FPB dengan mengunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V semester 1. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penerapan pembelajaran menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester 1, menelaah peningkatan aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V semester 1, dan menelaah peningkatan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran viii menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V semester 1.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6187
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
UMI SYAHROZAD_001.pdf144.48 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools