Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/61723
Title: | Analisis Validitas dan Tingkat Kesukaran Soal Latihan Evaluasi Akhir Tahun Pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Ekonomi SMA/MA Kelas XI (Studi Kasus pada SMA Negeri Rambipuji Jember Kelas XI IPS 1 Tahun Ajaran 2013-2014) |
Authors: | Ramadhani, Martha Candra Kantun, Sri Widodo, Joko |
Keywords: | Validitas Tingkat Kesukaran Buku Sekolah Elektronik Mata Pelajaran Ekonomi |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Series/Report no.: | Artikel Ilmiah Mahasiswa; |
Abstract: | Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah tentang Analisis soal latihan bila ditinjau dari validitas dan tingkat kesukaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan tingkat kesukaran latihan soal Evaluasi Akhir Tahun pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) mata pelajaran ekonomi SMA/MA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE) karangan Chumidatus Sa’dyah dan Dadang Argo P terbitan Pusat Perbukuan Depdiknas tahun 2009. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumen, wawancara, dan tes. Metode analisis data menggunakan analisis validitas isi, validitas konstruktif, uji validitas item dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal latihan evaluasi akhir tahun pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) dilihat dari validitas isi sudah memiliki tingkat kesesuaian yang “tinggi” dengan persentase sebesar 85%, validitas konstruksi soal memiliki tingkat kevalidan yang “cukup tinggi” dengan persentase 74%, validitas item memiliki tingkat kevalidan yang “cukup tinggi” dengan persentase sebesar 62%,sedangkan hasil analisis tingkat kesukaran soal “belum” memenuhi keseimbangan indeks kesukaran yang telah ditetapkan berdasarkan teori evaluasi yaitu 27%:46%:27% dari hasil analisis diperoleh persentase soal kategori mudah 36%, soal kategori sedang 33%, dan soal dengan kategori sukar sebesar 31%.dari hasil analisis di atas disarankan agar penerbit dan guru lebih selektif dalam memilih soal sebagai bahan latihan dan ujian bagi para siswanya. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61723 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Martha Candra.pdf | 271.3 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.