Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/61602
Title: WACANA GRAFITI BERBAHASA INDONESIA PADA BAK TRUK: ANALISIS WACANA KRITIS
Authors: M. NASIRUDDIN T.J.
Keywords: WACANA GRAFITI BERBAHASA INDONESIA PADA BAK TRUK: ANALISIS WACANA KRITIS
Issue Date: 6-Mar-2015
Series/Report no.: 090210402056;
Abstract: Wacana Grafiti Berbahasa Indonesia pada Bak Truk: Analisis Wacana Kritis; M. Nasiruddin T.J.; 2014: xiii, 61 halaman; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Penelitian dan pengkajian bahasa tidak dapat dipisahkan dari manusia karena bahasa merupakan salah satu hasil kebudayaan. Bahasa dapat mencerminkan suatu keadaan masyarakat. Fungsi bahasa yang terpenting adalah sebagai penyampai informasi. Informasi tersebut dapat berwujud lisan maupun tulisan. Grafiti adalah salah satu bentuk tulisan yang dapat menyampaikan informasi kepada khalayak luas karena tingkat keterbacaan yang tinggi. Terlebih grafiti yang terdapat pada bak truk yang sangat mungkin dibaca oleh orang sepanjang jalan yang dilalui truk tersebut. Grafiti bak truk (GBT) sangat mungkin dibaca karena diletakkan pada posisi strategis dan ditulis dengan bentuk huruf yang jelas. Wacana GBT sangat beragam baik dari segi bentuk, fungsi, ideologi maupun kreativitas pemroduksiannya. Wacana GBT yang beragam tersebut dapat dijadikan media dan bahan ajar, baik di sekolah maupun pendidikan secara umum di masyarakat. Akan tetapi, acap kali wacana GBT sulit dipahami karena kata-kata yang sangat ringkas. Di samping yang bermuatan positif ada pula wacana GBT yang bermuatan negatif. Maka dari itu, analisis mutlak dibutuhkan untuk memahami sebuah GBT. Analisis yang paling tepat untuk memahami wacana GBT adalah analisis wacana kritis (AWK). AWK dipilih karena tidak hanya mencari makna wacana, tetapi sampai pada tataran ideologi. Selain itu, AWK juga dapat menganalisis gambar yang sering mengiringi GBT karena dalam AWK gambar diposisikan sebagai teks jika dihubungkan dengan konteks. Penelitian ini membahas masalah mengenai (1) wujud wacana GBT, (2) fungsi GBT, (3) ideologi yang terdapat dalam GBT, serta (4) kreativitas dalam GBT. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan wujud wacana GBT, (2) viii menjelaskan fungsi penulisan GBT, (3)menjelaskan ideologi wacana GBT, dan (4) mendeskripsikan kreativitas penulisan GBT. Jenis penelitian ini adalah etnografi yang termasuk dalam rancangan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa wacana grafiti bak truk yang didapat dari hasil observasi langsung pada bak truk yang ada di jalanan kabupaten Jember, jalur Pantura Situbondo, dan hasil dokumentasi dari internet. Metode analisis data melalui empat tahap yaitu: (1) pereduksian data; (2) kategorisasi data; (3) penyajian data; dan (4) penarikan kesimpulan. Didapatkan empat bentuk wujud wacana GBT, yaitu: (1) kata-kata; (2) kata-kata dan dan gambar; (3)akronim; dan (4)syair kilat, serta (5) perbandingan. Fungsi yang terdapat dalam wacana GBT adalah (1) representasi keadaan, (2) harapan atau doa, (3) humor, dan (4) kritik sosial. Ideologi dalam wacana GBT yang teridentifikasi dalam penelitian ini dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu: (1) hedonisme, (2) kapitalisme, dan (3) religius. Adapaun kreativitas dalam wacana GBT dapat berupa (1) permainan bahasa, (2) permainan rima, dan (3) intertekstualitas. Saran yang diberikan adalah sebagai berikut: (1) bagi pengampu mata kuliah wacana, sebaiknya penelitian ini dijadikan contoh AWK; (2) bagi pengajar Bahasa dan Sastra Indonesia, dapat dijadikan media pendukung sekaligus bahan ajar untuk KD 22.2 membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia; (3) bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk meperdalam atau meneliti kompleksitas wacana GBT; (4) hasil penelitian ini dapat juga dijadikan sumber inspirasi untuk pembuatan suvenir dengan mengangkat keunikan dan kekhasan kata-kata dalam wacana GBT.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61602
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
M. Nasiruddin T. J. - 090210402056_1.pdf422.51 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools