Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/6138
Title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN 04 PURWODADI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Authors: Martin Suwinda
Keywords: Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS
Issue Date: 8-Dec-2013
Series/Report no.: 080210204242;
Abstract: Rendahnya nilai hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor atau permasalahan yang dihadapi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar antara lain; pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang berprestasi saja, kurangnya respon siswa terhadap proses belajar mengajar yang dilakukan, dan kurangnya variasi metode yang digunakan untuk menyampaikan materi. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas IV SDN 04 Purwodadi Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi melalui teknik Mind Mapping? (b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas IV SDN 04 Purwodadi Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi melalui teknik Mind Mapping?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar melalui model Mind Mapping mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Purwodadi Banyuwangi Tahun Pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 anak, terdiri dari 10laki-laki dan 11 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN 04 Purwodadi Banyuwangi, dimulai pada tanggal 08 Oktober 2011 sampai tanggal 20 Oktober 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisis ix dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6138
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Martin Suwinda_001.pdf727.43 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools