Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/61288
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHartono-
dc.date.accessioned2015-02-05T06:56:06Z-
dc.date.available2015-02-05T06:56:06Z-
dc.date.issued2015-02-05-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61288-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan berdasarkan kondisi objektif di SLTP Negeri 7 Panarukan yang diantaranya adalah kurang optimalnya tingkat intelektual siswa, kelengkapan alat dan bahan setia kepustakaan sekolah yang kurang memadai sementara dalam pembelajaran fisika perlu dikembangkan keterampilan. cara berpikir, bersikap dan berkreatifitas siswa sehingga siswa menemukan dan memahami konsep. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah dengan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan prestasi belajar fisika di kelas I B pada bahan kajian Gaya. Penelitian ini berttujuan untuk meningkatkan prestatsi belajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses Manfaat yang diharapkan adalah agar peneliti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran demi meningkatnya prestasi belajar siswa dan bagi rekan guru Fisika sebagai acuan dan pertimbangan dalam menetapkan pendekatan pembelajaran Penelltian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di kelas I 8 SL TP Negeri 2 Panarukan Situbondo pada catur wulan II Tahun Pelajaran 2000/2001 yang terdiri dari 21 siswa PTK dilaksanakan melalui dua siklus setiap siklus terdiri dari pcrencanaan, tindakan, obscrvasi dan reaksi. Pengumpulan data diperoleh dengan les yang dianalisis secara kuanlitatif pada setiap akhir siklus dcngan rumus ketuntasan belajar. Pada akhir siklus diketahui terjadi peningkatan yaitu pada akhir siklus I terjadi peningkatan prestasi siswa sebesar 33,3% dan pada akhir siklus 2 sebesar 29,3% Jadi dapal disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran Fisika khususnya pada bahan kajian Gaya dapat meningkatkan prestasi siswa sehingga disarankan kcpada guru Fisika untuk menggunakan pendekatan pcmbelajaran keterampilan proses tersebuten_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPilAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKAen_US
dc.titlePENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPilAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA BAHAN KAJIAN GAYA, SISWA KELAS 18 SLTP NEGERI 2 PANARUKAN SITUBONDO CAWU II TAHUN PELAJARAN 2000/2001en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Hartono_irh.pdf1.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools