Search


Current filters:
Start a new search
Add filters:

Use filters to refine the search results.


Results 11-20 of 49 (Search time: 0.006 seconds).
Item hits:
Issue DateTitleAuthor(s)
2012Penerapan Metode Karyawisata berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi (Implementing Field Trip Method With video Media Aid for Increase Narrative Writing Skill)Sofiun Naqiyah, Maya; Suhartiningsih; Wuryaningrum., Rusdhianti
2013Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Soal UKK SD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2011/2012 Kabupaten SitubondoRiantika, Norma Yuni; Suhartiningsih; Rusdhianti
2014Meningkatkan Keterampilan Mengarang dengan Menggunakan Media Buku Curhat pada Siswa Kelas IVB SDN Tamanan 2 BondowosoLana Nailul Izza, Izza; Khutobah; Suhartiningsih
2014Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Puisi Melalui PemanfaatanLita Dwi Yuliastutik, Yuliastutik; Suhartiningsih; Misno A. Latief, Latief
2014MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SUGESTIFLuxin Ardita Meris, Meris; Suhartiningsih; Misno A. Latif, Latif
2013CAMPUR KODE BAHASA JAWA TERHADAP BAHASA INDONESIA PADA INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMAN 1 GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGISyamawati, Nuryn Fatiris; Suhartiningsih; Widjajanti, Anita
2014Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan MenggunakanMochammad Risyal Anggriawan, Anggriawan; Suhartiningsih; Sihono
2013PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA BAHASA INDONESIA KELAS V SDN PANCAKARYA 01 AJUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013-2014Rista Pratiwi, Eka; Suhartiningsih; Yuliati, Nanik
2014Penggunaan Media Gambar Cerita Berseri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak pada Siswa Kelas 5F SDN Jember Lor 01 Tahun Pelajaran 2013/2014Ika Agustin Purnamasari, Purnamasari; Suhartiningsih; Misno A. Lathif, Lathif
2016Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih sebatas pada buku teks dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember; dan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar meliputi kegiatan apersepsi, menjelaskan materi, pengamatan, contoh cara membuat karangan deskripsi, latihan menulis karangan deskripsi, dan presentasi. Skor rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I persentase kemampuan menulis karangan deskripsi siswa sebesar 71,58% dan meningkat menjadi 78,84% pada siklus II.Sihono; Suhartiningsih; Dwi Fitriyah; Suhartiningsih; Sihono