Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/59850
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Radna Dwi Astuti | - |
dc.date.accessioned | 2014-11-03T00:45:45Z | - |
dc.date.available | 2014-11-03T00:45:45Z | - |
dc.date.issued | 2014-11-03 | - |
dc.identifier.nim | NIM100210302041 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59850 | - |
dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-IIS 2 SMAN Kunir, dengan jumlah 33 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Mc Taggart berbentuk spiral dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Dalam memperoleh data penelitian digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1 motivasi belajar peserta didik mendapat skor 2,81 dengan kriteria sedang, meningkat sebesar 0,64 pada siklus 2 menjadi 3,45 dengan kriteria tinggi. Pada siklus 3 meningkat lagi sebanyak 0,43 dari 3,45 menjadi 3,88 dengan kriteria tinggi. Hasil belajar (kognitif) peserta didik juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus 1 hasil belajar peserta didik memperoleh ketuntasan 72,73% meningkat 12,12% pada siklus 2 dengan ketuntasan sebesar 84,85%. Pada siklus 3 meningkat lagi dengan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 94,94%. Aspek psiomotorik dinilai dari tulisan yang dihasilkan peserta didik pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 73,33%. Pada siklus 2 memperoleh persentase sebesar 79,24% sehingga meningkat sebanyak 5,81%. Pada siklus 3 meningkat sebesar 1,97% menjadi 81,21%. Kesimpulan hasil penelitian: (1) penerapan Strategi SQ3R dengan metode Buzz Group dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah peserta didik kelas X-IIS 2 SMAN Kunir Tahun Ajaran 2013/2014; (2) penerapan Strategi SQ3R dengan metode Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X-IIS 2 SMAN Kunir Tahun Ajaran 2013/2014. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100210302041; | - |
dc.subject | Strategi SQ3R, Metode Buzz Group, Motivasi dan Hasil Belajar Sejarah | en_US |
dc.title | PENERAPAN STRATEGI SQ3R DENGAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X-IIS 2 SMAN KUNIR-LUMAJANG TAHUN AJARAN 2013/2014 | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
RADNA DWI ASTUTI - 100210302041_1.pdf | 354 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools