Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/59847
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Mohammad Ikram Nugraha | - |
dc.date.accessioned | 2014-11-03T00:40:06Z | - |
dc.date.available | 2014-11-03T00:40:06Z | - |
dc.date.issued | 2014-11-03 | - |
dc.identifier.nim | NIM100210302071 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59847 | - |
dc.description.abstract | Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Werkudara merupakan anak kedua dari pasangan Pandu dan Dewi Kunti. Pada waktu lahir Werkudara berbentuk bungkus dan hanya dapat dipecahkan oleh gajah sena. Werkudara memiliki tiga istri yaitu Dewi Nogogini, Dewi Arimbi, dan Dewi Urangayu. Werkudara juga memiliki karakter Jujur, Adil, Cinta Damai, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab. Sesuai dengan kurikulum 2013, guru diharapkan dapat memasukkan nilai-nilai karakter kepada setiap pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah sehingga pembelajaran sejarah dapat menyenangkan dan tidak membosannkan lagi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah karakter tokoh dalam pewayangan memiliki unsur filsafat dan pendidikan. Werkudara merupakan anak kedua dari lima bersaudara dari Pandu dan Kunti. Lima bersaudara tersebut sering disebut sebagai Pandawa Lima yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan, Sadewa. Werkudara memiliki karakter Jujur, Adil, Cinta Damai, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab. Perilaku dan sikap Werkudara banyak mengandung nilai-nilai pendidikan sehingga dapat digunakan sebagai pembentukan karakter pada peserta didik. Karakter pada diri Werkudara juga dapat di implementasikan kedalam pembelajaran disekolah khusunya pada pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang hendak penulis kemukakan adalah (1) Bagi mahasiswa calon guru sejarah, selain berusaha lebih mandalami dan menguasai materi sejarah akan lebih baik jika dapat menggali nilai-nilai yang ada pada kebudayaan khususnya wayang. (2) Bagi almamater, ada baiknya jika menambah dan meningkatkan perbendaharaan literatur sejarah dan kebudayaan di perpustakaan, khususnya buku tentang pewayangan agar dapat membantu mahasiswa dan sejarawan meningkatkan penelitian dan profesionalismenya. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100210302071; | - |
dc.subject | Karakter Tokoh Werkudara, Pembelajaran Sejarah, Wayang | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER TOKOH WERKUDARA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Mohammad Ikram Nugraha - 100210302071_1.pdf | 184.31 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools