Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/59796
Title: PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN BENTUKBENTUK KEPUTUSAN BERSAMA DI SDN AJUNG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Authors: Ichwanoviana
Keywords: Role Playing, PKn
Issue Date: 30-Oct-2014
Series/Report no.: 100210204140;
Abstract: Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN Ajung 01 Jember dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 64,29 (aktif), di mana dari 38 siswa terdapat 6 siswa atau 15,79% (sangat aktif), 19 siswa atau 50,00% (aktif), 5 siswa atau 13,16% (cukup aktif), 8 siswa atau 21,05% (kurang aktif), sedangkan pada siklus II rata-rata skor aktivitas belajar siswa sebesar 81,20 (sangat aktif), di mana dari 38 siswa terdapat terdapat 19 siswa atau 50,00% (sangat aktif), 12 siswa atau 31,58% (aktif), 3 siswa atau 7,89% (cukup aktif), 4 siswa atau 10,53% (kurang aktif). Hasil belajar siklus I memperoleh rata-rata skor sebesar 72,31 (baik), di mana dari 38 siswa terdapat 11 siswa atau 28,95% (sangat baik), 13 siswa atau 34,21% (baik), 9 siswa atau 23,68% (cukup baik), 5 siswa atau 13,16% (kurang baik), sedangkan pada siklus II rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar 80,16 (sangat baik), di mana dari 38 siswa terdapat 19 siswa atau 50,00% (sangat baik), 11 siswa atau 28,95% (baik), 5 siswa atau 13,16% (cukup baik), 3 siswa atau 7,89% (kurang baik). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing di kelas V SDN Ajung 01 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran peneliti bagi guru SD, agar dapat menerapkan metode role playing dalam pembelajaran PKn dan mata pelajaran lainnya, bagi kepala sekolah diadakan sosialisasi kepada guru-guru agar metode role playing dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan metode pembelajaran di kelas dalam rangka meningkatkan serta mengembangkan mutu pendidikan di sekolah, dan bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59796
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ichwanoviana - 100210204140_1.pdf80.48 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools