Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/59791
Title: | PENERAPAN PENDEKATAN CTL DENGAN MEDIA BENDA KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V-A MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DI SDN TEGALGEDE 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014 |
Authors: | Adi Nugroho |
Keywords: | CTL, Media Benda Konkrit |
Issue Date: | 30-Oct-2014 |
Series/Report no.: | 100210204084; |
Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah penerapan pendekatan CTL serta meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pada pelajaran matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar pada siswak kelas V-A di SDN Tegalgede 01 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalgede 01 Jember pada sesemster genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan subyek siswa kelas V-A yang berjumlah 32 siswa (17 perempuan, 15 laki-laiki). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang sesuai dengan rancangan penelitian model Kemmis dan McTaggart yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Dalam pelaksanaan siklus I terdapat beberapa kendala, terutama kurangnya motivasi siswa untuk aktif didalam kegiatan pembelajaran, sehingga dalam beberapa komponen CTL belum terlaksana dengan baik. Oleh sebab itu dilakukan perbaikan untuk diterapkan pada siklus II, sekaligus untuk membandingkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa pendekatan CTL dengan media benda konkrit berjalan dengan baik, Hal ini ditandai dengan peningkatan seluruh komponen CTL pada akhir siklus, yaitu construksivism 78,1%, inquiry 90,1%, questioning 57,3%, learning community 87,5%, modelling 87,5%, reflectioning 86,5%, dan authentic assesment 96,8%. Secara klasikal aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 17%, yang semula 67,3% (aktif) pada siklus 1 meningkat menjadi 82,6% pada siklus II atau pada kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa juga meningkat, secara klasikal rata-rata nilai pada siklus I adalah 72,9, naik sebesar 8 menjadi 80,3. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Matematika melalui pendekatan CTL dengan media benda konkrit, mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V-A SDN Tegalgede 01 Jember. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59791 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Adi Nugroho - 10010204084_1.pdf | 91.26 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools