Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/59789
Title: | KONTRIBUSI METODE CERITA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU ANANDA UPTD SKB BONDOWOSO |
Authors: | Vivin Mega Estika Sari |
Keywords: | Cerita Bergambar, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini |
Issue Date: | 30-Oct-2014 |
Series/Report no.: | 100210201005; |
Abstract: | Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian di PAUD Terpadu Ananda UPTD SKB Bondowoso dengan menggunakan metode Purposive Area yaitu untuk menetapkan lokasi yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian. Waktu penelitian 5 bulan yaitu antara bulan Januari s/d Mei 2014 dengan jumlah objek penelitian 30 peserta didik. Dengan desain penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan Check List dan dokumentasi. Pengolahan data meliputi persiapan dan tabulasi. Metode analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linier Sederhana dengan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) seri 14. Hasil analisis Rho pearson diperoleh nilai sebesar 0.977 pada usia 2-3 tahun, 0.628 pada usia 3-4 tahun dan 0.863 pada usia 4-5 tahun. Maka apabila diuji signifikasinya dengan harga kritik Rho Spearman dengan N=30 dan interval kepercayaan 95% adalah sebesar 0.364, ternyata diperoleh hasil bahwa rhitung>rtabel. Dengan demikian hipotesis kerja diterima yang artinya Ada Kontribusi Metode Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini di PAUD Terpadu Ananda UPTD SKB Bondowoso. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh harga signifikan hitung sebesar 0,000 jika dikonsultasikan 0,00 < 0,05 dengan N=30 hasilnya signifikan maka dapat disimpulkan hipotesis kerja (Ha) terdapat kontibusi metode cerita bergambar terhadap perkembangan bahasa pada anak usia dini di PAUD Terpadu Ananda UPTD SKB Bondowoso diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi para pendidik diharapkan agar dalam pembelajaran lebih variatif dengan menggunakan buku cerita dengan tema yang menyenangkan dan tidak membuat anak bosan dengan cerita yang di ulang-ulang. Sedangkan bagi kepala sekolah PAUD Terpadu Ananda UPTD SKB Bondowoso , dalam memberikan Metode Bercerita hendaknya perlu adanya sedikit tambahan jam pelajaran agar lebih optimal. Yang biasanya hanya 2 kali seminggu untuk bercerita di kelas besar hendaknya ada tambahan 3 atau 4 kali dalam seminggu. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59789 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Vivin Mega Estika Sari - 100210201005_1.pdf | 217.59 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools