Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/58645
Title: | IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM MEMBENTUK LEARNING COMMUNITY DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI |
Authors: | Fikri, Kamalia |
Keywords: | Implementasi, Lesson Study, Learning Community, Pendidikan Biologi |
Issue Date: | 16-Mar-2014 |
Publisher: | Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember |
Series/Report no.: | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan SAINS;375-380 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan SAINS;456-462 |
Abstract: | Lesson Study (LS)merupakan suatu inovasi pembelajaran guna meningkatkan mutu pembelajaran dengan suatu proses yang kompleks, didukung oleh penataan tujuan secara kolaboratif, percermatan dalam pengumpulan data tentang belajar siswa, dan kesepakatan yang memberi peluang diskusi yang produktif tentang isu-isu yang sulit. LS pada hakikatnya merupakan aktivitas siklikal berkesinambungan yang memiliki implikasi praktis dalam pendidikan. Peningkatan profesionalisme bagi seorang dosen adalah keniscayaan. Berbagai upaya harus terus dilakukan, baik secara individual maupun kelompok. Paradigma pembelajaran dewasa ini yang semakin terbuka, menuntut dosen untuk menyikapinya. Lembaga pendidikan kini bukan sekedar tempat mengajar, tetapi juga tempat kegiatan belajar semua pihak, baik dosen, mahasiswa maupun masyarakat. Pergeseran paradigma mengenai lembaga pendidikan sebagai tempat belajar ini menciptakan suatu suasana baru yang disebut komunitas belajar (learning community). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi lesson study dalam membentuk learning community di program studi pendidikan biologi. Adapun rancangan penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan pengamatan langsung atau observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator pengamatan pada penelitian ini adalah adanya aktivitas berbagi nilai norma mengajar, fokus kolektif terhadap belajar mahasiswa, kolaborasi mengajar, serta munculnya dialog reflektif pasca pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa implementasi lesson study di program studi pendidikan biologi telah terbentuk dengan munculnya empat elemen dasar learning community. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58645 |
ISSN: | 1858-005 X |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Artikel LS.Semnas Mat.pdf | 41.37 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.