Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/58222
Title: | PENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN LOJEJER 05 WULUHAN JEMBER |
Authors: | Affien Fitra Prayudi |
Keywords: | Pendekatan Komunikatif, Kemampuan Berbicara |
Issue Date: | 11-Jul-2014 |
Series/Report no.: | 100210204067; |
Abstract: | Penerapan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada kelas V SDN Lojejer 05 Wuluhan Jember dilakukan dengan langkah kegiatan awal yang meliputi apersepsi, motivasi, dan penyampaian kompetensi, kegiatan inti yang meliputi presentasi materi, diskusi kelompok, dan penyampaian kompetensi, penutup yang meliputi penguatan, refleksi, dan penyimpulan. Pada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan komunikatif guru memegang prinsip gramatikal, sosiolinguistik, kewacanaan, dan strategi. Keberhasilan penerapan pendekatan juga ditunjang dengan kegiatan diskusi, pemberian contoh, pemberian bimbingan, pemberian reward, dan penjelasan tentang kriteria penilaian kepada siswa. Peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah diterapkan pendekatan komunikatif diketahui dari siswa yang tuntas sebesar 31,25% pada prasiklus menjadi 53,1% pada siklus I dan 83,8% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran berbicara dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Lojejer 05 Wuluhan Jember. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya pendekatan komunikatif dapat dioptimalkan penggunaannya dengan memahami prinsip, ciri-ciri, tujuan, dan pelaksanaan dalam pembelajaran sehingga dapat memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58222 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI AFFIEN FITRA PRAYUDI - 100210204067_1.pdf | 129.02 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools