Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/58216
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PELAJARAN PKn TEMA HARGA DIRI DI SDN PUJERBARU 01 BONDOWOSO
Authors: Arlyn Syantika Dora Vellani
Keywords: Student Team Achievement Division (STAD), Media Kotak Kartu Misteri (Kokami)
Issue Date: 11-Jul-2014
Series/Report no.: 100210204014;
Abstract: Penelitian ini dilakukan di SDN Pujerbaru 01 Bondowoso. Subjek penelitian yaitu kelas III tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 27 orang yang terdiri atas siswa laki-laki sebanyak 10 orang dan siswa perempuan sebanyak 17 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil analisis data dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media Kokami pada mata pelajaran PKn. Menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa telah mengalami peningkatan, rata-rata nilai aktivitas belajar siswa untuk prasiklus yaitu 56,48 termasuk kategori sedang, siklus 1 sebesar 68,88 termasuk kategori aktif, dan siklus 2 meningkat sebesar 81,48 termasuk kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pada setiap siklusnya juga menunjukkan peningkatan. Nilai prasiklus sebesar 59,44 termasuk kategori kurang baik, siklus 1 sebesar 67,59 termasuk kategori cukup baik dan siklus 2 sebesar 77,44 termasuk kategori baik. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media Kokami pada mata pelajaran PKn tema harga diri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58216
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Arlyn Syantika Dora Vellani - 100210204014_1.pdf97.18 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools