Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/58193
Title: PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X.C DI MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014
Authors: NURUL AZIZAH
Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika
Issue Date: 11-Jul-2014
Series/Report no.: 080210192018;
Abstract: Peningkatan keterampilan proses sains siswa berturut-turut dari pra-siklus ke siklus 1, pra siklus ke siklus 2 dan dari siklus 1 ke siklus 2. Keterampilan proses sains siswa dari pra siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan yang awalnya 58,60 menjadi 77,48 dan berdasarkan nilai N-gain sebesar 0,74 termasuk kriteria gain tinggi, dari pra siklus ke siklus 2 berdasarkan dengan nilai N-gain sebesar 0,89 termasuk kriteria tinggi dan dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat berdasarkan dengan nilai N-gain sebesar 0,73 dan termasuk kriteria gain tinggi. Namun jika peningkatan keterampilan proses sains ditinjau dari siklus 1 ke siklus 2 nilai N-gain mengalami penurunanan dikarenakan pada siklus 1 peningkatan keterampilan proses sudah cukup baik. Peningkatan hasil belajar berturut-turut dari dari pra-siklus ke siklus 1 memiliki nilai N-gain sebesar 0,38 termasuk dalam kategori sedang, dari pra siklus ke siklus 2 memiliki nilai N-gain sebesar 0,71 termasuk dalam kategori tinggi dan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu yang awalnya 60,58 menjadi 71,36 memiliki nilai N-gain sebesar 0,59 termasuk kategori sedang. Peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 sedang dikarenakan pada siklus 1 peningkatan hasil belajar siswa sudah cukup tinggi. Jadi jika peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari siklus 1 ke siklus 2 maka hasilnya terlihat sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa pada masing-masing siklus secara keseluruhan mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan model inkuiri terbimbing dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58193
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nurul Azizah - 080210192018_1.pdf239.3 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools