Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/56523
Title: | LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN TEKNIK LABORATORIUM 1 |
Authors: | Rif’ati Dina Handayani |
Keywords: | Lesson study, proses pembelajaran. Teknik Laboratorium 1 |
Issue Date: | 28-Mar-2014 |
Abstract: | Perkuliahan Teknik Laboratorium selama ini masih menggunakan metode teacher centred learning dari pada student centre learning. Hal ini sering dijumpai dalam setiap pelaksanaan perkuliahan, yaitu kurangnya interaksi antara dosen dengan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itulah perlu dilaksanakan Lesson Study sebagai solusi yang diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan dalam proses pembelajaran. Hasil Penelitian akan dibahas secara deskriptif. Pada model ini tim Lesson study melakukan tahapan persiapan pelaksanaan model Lesson study meliputi perencanaan (plan), pelaksanaan dan observasi (do), serta refleksi (see). Dalam penelitian ini aspek penilaian proses yang dinilai meliputi empat aspek, yaitu melaksanakan tugas, bekerjasama, menyampaikan pendapat, dan diskusi. Hasil refleksi dari dosen model dan observer menunjukkan dari empat aspek penilaian terhadap 39 mahasiswa peserta perkuliahan Teknik Laboratorium 1 melaksanakan tugas merupakan aspek terbesar, sedangkan mengutarakan pendapat masih cukup rendah sekitar. Walaupun hasil menyampaikan pendapat cukup rendah akan tetapi secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model Lesson Study cukup efektif untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran Teknik Laboratorium 1. |
Description: | SEMINAR NASIONAL MIPA DAN PMIPA I 31 Maret 2013 FKIP UNIVERSITAS JEMBER |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56523 |
Appears in Collections: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Rif’ati Dina Handayani.pdf | 117.21 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.