Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/56013
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBudi Haryono-
dc.date.accessioned2014-03-19T01:10:28Z-
dc.date.available2014-03-19T01:10:28Z-
dc.date.issued2014-03-19-
dc.identifier.nimNIM080210192001-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56013-
dc.description.abstractPenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 14 Jember tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Persentase aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada pra siklus, siklus 1, siklus 2. Analisis data pada siklus 1 menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I dengan kategori baik. Untuk siklus II persentase rata-rata aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dengan kategori baik. Analisis yang kedua yaitu analisis ketuntasan hasil belajar siswa yang terdiri dari kognif produk, proses, dan psikomotor didapatkan bahwa rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan yaitu pada siklus I meningkat dengan Normalized Gain 0.37 dan termasuk dalam kategori sedang. Untuk siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dengan Normalized Gain 0,55 dan termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada masing-masing siklus secara keseluruhan mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan model Problem Based Instruction dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192001;-
dc.subjectProblem Based Instruction, Hasil Belajar Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 14 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Budi Haryono_1.pdf95.36 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools