Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/4548
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANIS SURAHYUNI-
dc.date.accessioned2013-12-05T03:23:08Z-
dc.date.available2013-12-05T03:23:08Z-
dc.date.issued2013-12-05-
dc.identifier.nimNIM080210274091-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4548-
dc.description.abstractPembelajaran IPS bagi siswa adalah pembelajaran yang membosankan. Pembelajaran IPS selama ini hanya bersifat Teacher Centered dengan pusat pembelajaran adalah guru. Siswa pada pembelajaran sebagai objek penerima informasi dari guru. Siswa selama pembelajaran bosan dan tidak terfokus pada pembalajaran. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji: (1) Peningkatan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode STAD pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah kelas V Semester Genap di SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. (2) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode STAD pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah kelas V Semester Genap di SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 25 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 2 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 1 Februari 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningkatan aktivitas guru pada setiap siklusnya. Hasil tes kinerja yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa pada aspek memperhatikan pelajaran, bertanya, diskusi dalam kelompok, memecahkan soal saat diskusi dan semangat dalam pembelajaran. Siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik, pada siklus II meningkat pada kategori sangat baik. Hasil tes tulis berdasarkan penelitian menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Siklus I persentase klasikal sebesar 44% naik 20% dari praiklus dan Siklus II porsentase ketuntasan klasikal naik sebesar 44% menjadi 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar pada materi perjuangan bangsa indonesia melawan penjajah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode STAD.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274091;-
dc.subjectHasil Belajar, STADen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN PENJAJAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) SISWA KELAS V SDN SEMBORO 01 KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Anis Surahyuni.pdf195.54 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools