Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/4477
Title: PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING MENURUT POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
Authors: Afib Rulyansah
Keywords: Pendekatan Problem Solving, Kemampuan Siswa, Cerita Bangun Datar
Issue Date: 5-Dec-2013
Series/Report no.: 070210204150;
Abstract: Dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan problem solving, aktivitas siswa berdasarkan soal dan tahap pemecahan masalah menurut Polya pada siklus I, menunjukkan > 50% siswa yang dinyatakan aktif dan sangat aktif. Dari ketuntasan belajar, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 26 siswa (60,5%) dengan nilai rata-rata 67,7 dan siswa yang tergolong tidak tuntas berjumlah 17 siswa (39,5%). Siswa kesulitan dalam melaksanakan tahap memahami masalah dan menelaah kembali serta kesulitan dalam mengerjakan soal open ended. Pembelajaran dilanjutkan ke siklus II dengan tujuan memperbaiki kelemahan-kelemahan pada siklus I. Pada siklus II, aktivitas siswa baik berdasarkan soal maupun tahap pemecahan masalah menurut Polya pada siklus II, menunjukkan > 50% siswa yang dinyatakan aktif dan sangat aktif. Dari ketuntasan belajar, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 37 siswa (86%) dan siswa yang tergolong tidak tuntas berjumlah 6 siswa (14%). Dari hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa ketuntasan secara klasikal yaitu 67% telah tercapai sehingga pelaksanaan penelitian dapat dihentikan dan dapat dikatakan berhasil. Aktivitas siswa meningkat setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran. Lebih dari 50% dinyatakan aktif dan sangat aktif. Selain aktivitas, ketuntasan belajar siswa juga meningkat. Sebelum dilaksanakan tindakan pembelajaran, siswa yang tergolong tuntas hanya 15 siswa (34,9%) dengan nilai rata-rata 55,60 tetapi setelah dilaksanakan pemebelajaran, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 37 siswa (86%) dengan nilai rata-rata 77,7. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa kemampuan siswa kelas VB dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar dan bangun ruang meningkat.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4477
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Afib Rulyansah.pdf764.87 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools