Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/4477
Title: | PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING MENURUT POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 01 TAHUN AJARAN 2010/2011 |
Authors: | Afib Rulyansah |
Keywords: | Pendekatan Problem Solving, Kemampuan Siswa, Cerita Bangun Datar |
Issue Date: | 5-Dec-2013 |
Series/Report no.: | 070210204150; |
Abstract: | Dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan problem solving, aktivitas siswa berdasarkan soal dan tahap pemecahan masalah menurut Polya pada siklus I, menunjukkan > 50% siswa yang dinyatakan aktif dan sangat aktif. Dari ketuntasan belajar, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 26 siswa (60,5%) dengan nilai rata-rata 67,7 dan siswa yang tergolong tidak tuntas berjumlah 17 siswa (39,5%). Siswa kesulitan dalam melaksanakan tahap memahami masalah dan menelaah kembali serta kesulitan dalam mengerjakan soal open ended. Pembelajaran dilanjutkan ke siklus II dengan tujuan memperbaiki kelemahan-kelemahan pada siklus I. Pada siklus II, aktivitas siswa baik berdasarkan soal maupun tahap pemecahan masalah menurut Polya pada siklus II, menunjukkan > 50% siswa yang dinyatakan aktif dan sangat aktif. Dari ketuntasan belajar, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 37 siswa (86%) dan siswa yang tergolong tidak tuntas berjumlah 6 siswa (14%). Dari hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa ketuntasan secara klasikal yaitu 67% telah tercapai sehingga pelaksanaan penelitian dapat dihentikan dan dapat dikatakan berhasil. Aktivitas siswa meningkat setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran. Lebih dari 50% dinyatakan aktif dan sangat aktif. Selain aktivitas, ketuntasan belajar siswa juga meningkat. Sebelum dilaksanakan tindakan pembelajaran, siswa yang tergolong tuntas hanya 15 siswa (34,9%) dengan nilai rata-rata 55,60 tetapi setelah dilaksanakan pemebelajaran, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 37 siswa (86%) dengan nilai rata-rata 77,7. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa kemampuan siswa kelas VB dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar dan bangun ruang meningkat. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4477 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Afib Rulyansah.pdf | 764.87 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools