Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/439
Title: PENGARUH METODE DISKUSI BERBASIS LESSON STUDY DENGAN ASSESSMENT PORTOFOLIO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
Authors: Suratno
Hariyadi, Slamet
Fatimah, Siti
Keywords: diskusi, lesson study, portofolio, berpikir kritis, dan hasil belajar
Issue Date: 26-Jun-2013
Abstract: Keberhasilan pendidikan salah satunya bergantung pada proses belajar yang dialami oleh siswa. Lesson study (LS) merupakan salah satu bentuk pembinaan guru yang dapat dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh metode diskusi dengan assessment portofolio berbasis LS terhadap keterampilan berpikir lffitis dan hasil belajar biologi. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang dilaksanakan di SMAN I Arjasa Jember. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 20ll/2012. Populasi penelitian adalah siswa SMAN I Arjasa, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI Uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan terlebih dahulu sebelum ditetapkan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan undian. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas plan, do, dan see Data tentang keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dianalisis dengan analisis kovarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode diskusi dengan assessment portofolio berbasis LS terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi
Description: Proceeding Seminar Nasional MIPA dan Pembelajaran dengan tema “Peran MIPA dan Pembelajaran Menuju Revitalisasi Karakter Bangsa di Era Globalisasi” yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Negeri Malang, Malang pada tanggal 13 Oktober 2012
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/439
ISBN: 978-602-97895-6-0
Appears in Collections:Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Prosiding+MIPA+dan+Pembelajaran.pdf9.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.