Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/439
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Suratno | - |
dc.contributor.author | Hariyadi, Slamet | - |
dc.contributor.author | Fatimah, Siti | - |
dc.date.accessioned | 2013-06-26T07:04:59Z | - |
dc.date.available | 2013-06-26T07:04:59Z | - |
dc.date.issued | 2013-06-26 | - |
dc.identifier.isbn | 978-602-97895-6-0 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/439 | - |
dc.description | Proceeding Seminar Nasional MIPA dan Pembelajaran dengan tema “Peran MIPA dan Pembelajaran Menuju Revitalisasi Karakter Bangsa di Era Globalisasi” yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Negeri Malang, Malang pada tanggal 13 Oktober 2012 | en_US |
dc.description.abstract | Keberhasilan pendidikan salah satunya bergantung pada proses belajar yang dialami oleh siswa. Lesson study (LS) merupakan salah satu bentuk pembinaan guru yang dapat dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh metode diskusi dengan assessment portofolio berbasis LS terhadap keterampilan berpikir lffitis dan hasil belajar biologi. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang dilaksanakan di SMAN I Arjasa Jember. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 20ll/2012. Populasi penelitian adalah siswa SMAN I Arjasa, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI Uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan terlebih dahulu sebelum ditetapkan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan undian. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas plan, do, dan see Data tentang keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dianalisis dengan analisis kovarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode diskusi dengan assessment portofolio berbasis LS terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.subject | diskusi, lesson study, portofolio, berpikir kritis, dan hasil belajar | en_US |
dc.title | PENGARUH METODE DISKUSI BERBASIS LESSON STUDY DENGAN ASSESSMENT PORTOFOLIO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Prosiding+MIPA+dan+Pembelajaran.pdf | 9.53 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.