Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/438
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSuratno-
dc.date.accessioned2013-06-26T07:01:36Z-
dc.date.available2013-06-26T07:01:36Z-
dc.date.issued2013-06-26-
dc.identifier.isbn978-602-98250-1-5-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/438-
dc.descriptionProsiding Seminar Nasional Lesson Study MIPA dengan tema “Implementasi Lesson Study di Sekolah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru” yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Palu pada November 2012en_US
dc.description.abstractMatakuliah microteaching adalah matakuliah wajib program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Jember dengan bobot 2 SKS. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan lesson study (LS) pada perkuliahan microteaching dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa berlessons tudy.Penelitian dilaksanakan pada tahuna kademik1 1.2 terhadap1 1 mahasiswa pada kelompok microteaching kelas X yang terdiri atas 4 mahasiswa laki-laki dan 7 perempuan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mendeskripsikan pelaksanaan perkuliahan microteaching( MT) dengan LS. Penelitian diawali dengan penguatan dan simulasi LS untuk kemudian dilanjutkan praktek microteaching. Pelaksanaan praktek microteaching dilaksanakan sebanyak 5 kali melalui pentahapan plan, do, dan see. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan mahasiswate ntang LS terjadi peningkatan. Keterampilan mahasiswa dalam pengelolaan pelaksanaan LS sebagai moderator, notulis, praktikan model, dan observer cukup baik. Peran observer dalam kegiatan do dan see bergeser dari peran observer secara konvensional pada perkuliahan microteaching bergeser sebagai observer LS. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan microteaching dengan LS dapat meningkatkan keterampilan berlesson study.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectlesson study, microteaching, keterampilan study, pendidikan biologien_US
dc.titleIMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA PERKULIAHAN MICROTEACHING PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS JEMBER DALAM PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERLESSON STUDYen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Prosiding+Lesson+Study+MIPA.pdf3.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.