Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/434
Title: Kemampuan Metakognisi dengan Metacognitive Awereness Inventorv (MAI) pada Pembelajaran Biologi SMA dengan Strategi Jigsaw, Reciprocal Teaching (RT), dan Gabungan Jigsaw-RT
Authors: Suratno
Keywords: Strategi Jigsaw, Reciprocal Teaching (RT), dan Gabungan Jigsaw-RT
Issue Date: 26-Jun-2013
Series/Report no.: JPP (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran);Volume 18, Nomor I, April 2011
Abstract: Strategi kooperatif Jigsaw cocok bagi guru pemula atau guru yang belum mempunyai keterampilan cukup untuk mengelola strategi pembelajaran kooperatif. Kajian lain menunjukkan pada strategi pembelajaran Reciprocal Teaching (RT), siswa lebih mudah mengkomunikasikan gagasan dengan teman lain akan tetapi untuk mempertajam dan menyempurnakan ide perlu dilakukan secara kooperatif. Strategi pembelajaran Gabungan Jigsaw-RT sarat dengan kegiatan diskusi siswa dan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu strategi Gabungan Jigsaw-RT dipandang berpotensi besar dalam mengembangkan keterampilan metakognisi. Strategi Gabungan Jigsaw-RT ini pula juga telah terbukti marnpu meningkatkan kualitas pertanyaan dan kuantitas siswa dalam pembelajaran konsep keanekaragaman hayati
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/434
ISSN: 0854 - 8315
Appears in Collections:Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Jurnal+Pendidikan+dan+Pembelajaran.pdf260.45 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.