Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/427
Title: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE 5E) BERBASIS EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN SAINS DI SDN PATRANG I JEMBER
Authors: Astutik, Sri
Keywords: Metode eksperimen, siklus belajar, aktivitas belajar
Issue Date: 26-Jun-2013
Series/Report no.: Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar;Volume 1 Nomor 2 September 2012
Abstract: Siklus Belajar merupakan salah satu model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis. Learning Cycle atau disingkat LC dalam penelitian ini adalah model student-centered learning. Hasil penelitian menunjukkan Model Pembelajaran Sains Learning Cycle dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Patrang Jember I dengan nilai rata-rata jawaban yang benar sebesar 80,25%. Aktivitas Belajar menggunakan Model Siklus Belajar dengan metode eksperimental di VB siswa kelas SDN Patrang Jember 1 mencapai nilai rata-rata 83,17% tergolong sangat aktif. Dengan demikian model Learning Cycle dengan metode eksperimental dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi calon guru terutama dalam strategi pembelajaran berbasis lingkungan yang akan dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan nasional.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/427
ISSN: 2085 – 7519
Appears in Collections:Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.pdf10.77 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.