Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/4273
Title: TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK KANDATEL MADIUN
Authors: Eka Fitriana Said
Keywords: PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA,TBK KANDATEL MADIUN
Issue Date: 5-Dec-2013
Series/Report no.: 070910202104;
Abstract: erusahaan yang bergerak di bidang jasa saat ini dituntut untuk tidak hanya peduli pada masalah ekonomi, akan tetapi juga permasalahan sosial. Hal tersebut berarti bahwa tanggung jawab sosial perusahaan yang meliputi beberapa aspek seperti karyawan, masyarakat dan stakeholders yang lain harus diperhatikan. Tanggung jawab sosial adalah berarti etika perusahaan dalam menjalankan bisnis perusahaan. Pelaksanaan konsep tanggung jawab sosial perusahaan merupakan sesuatu yang harus terjadi dalam dunia bisnis Indonesia, tidak terkecuali oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Madiun. Penelitian ini meneliti mengenai tanggung jawab sosial pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kandatel Madiun. PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Madiun sebagai suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi diharuskan tanggap terhadap keadaan di masyarakat dan lingkungan hidup disekitarnya. Ketanggapan tersebut diwujudkan dalam bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap stakeholders-nya. Adapun stakeholders tersebut terbagi menjadi 5 (lima) golongan yaitu, karyawan, pelanggan, masyarakat, mitra kerja dan pemerintah. Implementasi tanggung jawab sosial perusahaan dilaksanakan dalam bentuk prosedur, perencanaan, anggaran dan program, baik program berkelanjutan maupun tidak berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kualitatif dengan menggunakan metode snowball dan dalam menentukan informan, peneliti menggunakan purposive sampling. Penelitian ini melibatkan beberapa informan dari pihak internal dan eksternal perusahaan. Tanggung jawab sosial PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Madiun dilakukan berdasarkan Prosedur Ketenagakerjaan, Keputusan Direksi dan disesuaikan dengan Pedoman Etika Bisnis Telkom. Program tanggung jawab sosial PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Madiun dilaksanakan sesuai anggaran serta perencanaan yang telah viii dibuat. Perencanaan yang dibuat bersifat jangka pendek karena hanya untuk program dalam kurun waktu 3 (tiga) bulan. Program tanggung jawab sosial PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Madiun terbagi atas program berkelanjutan dan program tidak berkelanjutan. Adapun program yang dilakukan oleh PT. Telekomunikasi, Tbk Kaandatel Madiun akan disesuaikan dengan Teori Carroll untuk validitas hasil penelitian. Program tanggung jawab sosial perusahaan terhadap karyawan dilakukan dalam bentuk pemberian hak-hak pokok karyawan, pengakuan atas prestasi karyawan dan kebebasan karyawan dalam memeluk serta menjalankan ibadah agamanya. Program tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pelanggan dilaksanakan dalam bentuk pemberian pelayanan yang berkualitas, tanggapan atas keluhan pelanggan dan program sosalisasi produk layanan. Program tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat terbagi menjadi 2 (dua) program yaitu program berkelanjutan dan program tidak berkelajutan. Adapun yang termasuk program berkelanjutan yaitu program pembinaan usaha kecil dan koperasi, program edukasi dan sumbangan rutin terhadap yayasan sosial. Program tanggung jawab sosial perusahaan tidak berkelanjutan antara lain yaitu, program bantuan dana sosial kemasyarakatan melalui kerjasama dengan yayasan pembuatan sosial dan program pembuatan fasilitas sarana umum kemasyarakatan. Program tanggung jawab sosial perusahaan terhadap mitra kerja dilaksanakan dalam bentuk menaai kesepakatan dan perjanjian kerjasama sesuai kontrak kerja. Program tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pemerintah dilaksanakan dalam bentuk membayar pajak, menaati peraturan pemerintah dan membantu mensosialisasikan program pemerintah.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4273
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Laporan_1 sdh.pdf172.09 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools