Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/4109
Title: PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN RITEL TRADISIONAL DI WILAYAH KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER
Authors: Dian Ayu Purnamaningrum
Keywords: Strategi Pemasaran
Issue Date: 4-Dec-2013
Series/Report no.: 080810291007;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penentuan Strategi Pemasaran Ritel Tradisional di Wilayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku/pemilik ritel tradisional di wilayah kecamatan kaliwates kabupaten jember. Dalam pengambilan sampel mengunakan metode purposive sampling dengan kriteria kelurahan/desa yang berada dekat dengan ritel modern dan minimal usaha ritel tradisional 1 tahun. Disamping penggunaan sampel tersebut, juga digunakan informasi dari pelaku bisnis ritel. Analisis faktor-faktor internal perusahaan akan mengetahui adanya kekuatan dan kelemahan yang terdapat pada perusahaan. Selain itu perusahaan juga harus menganalisa faktor-faktor eksternal mengetahui peluang dan ancaman. Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk menganalisis faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dengan tujuan untuk menghasilkan strategi pemasaran perusahaan adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil perhitungan kedua faktor strategi internal dan eksternal akan diketahui kekuatan dan kelemahan ada pada sumbu (X) dengan nilai -1, sedangkan peluang dan ancaman berada pada sumbu (Y) dengan nilai +1. Dapat ditarik kesimpulan bahwa menurut analisis SWOT posisi ritel tradisional diwilayah kecamatan kaliwates berada pada posisi kuadran III yaitu posisi perusahaan yang mendukung strategi konservatif (konservatif strategy) yang merupakan strategi perusahaan yang bertujuan untuk penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk serta diversifikasi terkait. Artinya ritel tradisional harus mengembangkan lagi pasar yang dilayani dengan menerapkan promosi, menambah jenis barang yang akan dijual, memberikan harga yang kompetitif dengan harga ritel modern. Serta mempertahankan hubungan kedekatan dengan konsumen dengan berada dekat dengan masayarakat, sehingga akan tercipta kesan mudah memperoleh barang yang diinginkan. Disamping itu yang tidak kalah penting untuk diperhatikan mengenai tata letak (layout) dari barang-barang yang dijual harus lebih tetata rapi, meningkatkan kualitas layanan kepada konsumen agar konsumen bertahan pada ritel tradisional. Serta membuka beberapa jenis usaha dalam usaha ritel tersebut, seperti isi ulang pulsa dan lain sebagainya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4109
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dian Ayu Purnamaningrum - 080810291007_1.pdf210.09 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools