Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/26437
Title: PENINGKATAN MINAT BACA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DI KELOMPOK B4 TAMAN KANAK-KANAK (TK) AL-AMIEN KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Authors: Mevi Isnaini Rizkiyana
Keywords: Peningkatan, Minat Baca Anak, Melalui Metode Bercerita
Issue Date: 28-Jan-2014
Series/Report no.: 080210201025;
Abstract: Mengajarkan anak membaca dimulai dari usia dini. Minat membaca anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media dapat diartikan bahwa dalam memberikan pendidikan pada anak usia Taman Kanak-kanak dilakukan dalam situasi yang menyenangkan sehingga ia tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran. Artinya metode dan media yang digunakan harus menarik perhatian serta mudah diikuti sehingga anak akan termotivasi untuk belajar membaca. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan minat baca anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media di Kelompok B4 TK. Al- Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya Peningkatkan minat baca anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media di Kelompok B4 TK. Al- Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Manfaat penelitian adalah untuk memaparkan kegunaan hasil penelitian yang telah dicapai, baik untuk penelit i, orang tua, TK. Al- Amien dan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan diatas yaitu dengan metode deskriptif kualitatif karena penelit ian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatkan minat baca anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media dengan jumlah informan kunci 2 guru dengan tekhnik purposive sampling dan informan pendukung yaitu 26 orang tua murid kelompok B4 (Bapak/Ibu) dan kepala TK. Lokasi tempat penelit ian yakni di TK. Al- Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Data primer adalah wawancara dan observasi. Wawancara untuk mengetahui peningkatan minat baca anak melalui metode bercerita dengan membacakan cerita, adanya perpustakaan sekolah dan bermain sambil membaca dan observasi untuk mengetahui perkembangan minat baca anak mela lui metode bercerita dengan menggunakan media gambar, boneka dan media buku. Data sekunder dalam penelit ian ini dokumentasi. Analisis data dalam penelit ian menggunakan triangulasi sumber yakni membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh mela lui waktu dan alat yang berbeda dalam penelit ian kualitatif unt uk mencapai tujuan tentang adanya peningkatkan minat baca anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media di Kelompok B4 TK. Al- Amien. Berdasarkan hasil analisis terhadap data hasil penelitian yang telah diuraikan dapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan minat baca anak mela lui metode bercerita dengan menggunakan media di kelompok B4 TK. Al- Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Melalui metode bercerita dengan menggunakan media gambar, boneka dan media buku diketahui adanya peningkatan minat baca anak didik di kelompok B4 TK. Al- Amien. Hal ini terbukti dari anak didik dapat mengingat pesan cerita melalui media gambar misal saat anak dapat menceritakan kembali isi cerita tersebut, melalui media boneka anak didik terbukti dapat lebih mengingat peran dari tokoh-tokoh dalam cerita, dan melalui media buku anak didik dapat membaca buku cerita bergambar sederhana. Saran yang penelit i dapat berikan adalah diharapkan hasil penelitian ini sebagai saran untuk guru memiliki kemampuan menggunakan media gambar, boneka, dan buku dalam peningkatan minat baca anak didik di TK.AL-AMIEN, Kepala sekolah hendaknya melakukan suatu pemantauan dan pengawasan baik anak didik maupun guru secara rutin dan terjadwal. Untuk orang tua agar meningkatkan kepedulian dan dukungan terhadap program TK.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26437
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub- (114)FKIP_1.pdf1.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools