Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/26177
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorZAENAL ABIDIN-
dc.date.accessioned2014-01-28T03:52:20Z-
dc.date.available2014-01-28T03:52:20Z-
dc.date.issued2014-01-28-
dc.identifier.nimNIM080810201171-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26177-
dc.description.abstractUsaha ritel modern atau minimarket yang kualitas layanannya lebih baik dari pada ritel tradisional menyebabkan banyaknya terjadi pergeseran perilaku konsumen, yang sebelumnya berbelanja di ritel tradisional kemudian berpindah ke minimarket. Berdasarkan fakta tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam berbelanja dari ritel tradisional ke minimarket di Kecamatan Kabupeten Jember, dengan unit analisis ibu rumah tangga. Data penelitian terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari responden dan informan dengan kuesioner dan teknik wawancara mendalam. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan pedoman wawancara mendalam. Metode sampling menggunakan metode sampel wilayah (area sampling) setingkat Kelurahan/Rukun Tetangga (RT) dipilih berdasarkan pertimbangan kedekatan dengan pusat-pusat minimarket dan ritel tradisional kemudian pengambilan sampel responden dengan mempertimbangkan stratum (Kelompok RT) yang mengerti dan pernah berbelanja di ritel tradisional dan ritel moderndi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen minimarket dikonstruksi oleh faktor strategi bauran ritel, lingkungan luar, lingkungan individu dan manfaat pertukaran sumber daya. Bauran ritel yang adaptif dengan perubahan lingkungan berperan menciptakan perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian di minimarket. Kepuasan konsumen dan keinginan untuk membeli ulang di minimarket juga merupakan indikasi keberhasilan strategi bauran ritel, di samping faktor manfaat lain yang diterima konsumen sebagai akibat pembelian produk. Respon positif konsumen terhadap strategi bauran ritel minimarket merupakan bentuk aktualisasi diri konsumen sebagai akibat proses belajar terhadap lingkungannya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080810201171;-
dc.subjectPerilaku Konsumen, Ritel Tradisional, Ritel Modern, Minimarket.en_US
dc.titleANALISIS PERUBAHAN PERILAKU IBU RUMAH TANGGA DALAM BERBELANJA DARI RITEL TRADISIOANAL KE RITEL MODERN DI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S_S (315)_1.pdf260.11 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools