Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/25578
Title: Analisis Pengaruh Kebijakan Manajemen Terhadap Kepuasan dan Kinerja Karyawan RS Perkebunan (Jember Klinik) PT Perkebunan Nusantara X (Pesero) – Jember
Authors: Kadek Sumaryati
Keywords: Kinerja Karyawan
Issue Date: 27-Jan-2014
Series/Report no.: 050820101017;
Abstract: Penelitian dengan judul Analisis Pengaruh Kebijakan Manajemen Terhadap Kepuasan dan Kinerja Karyawan Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik), dilakukan dengan Analisis Persamaan Struktural (Structural Equation Model, SEM). Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner terhadap 169 karyawan, dengan jumlah yang dikembalikan dan terisi benar sebanyak 136 lembar, maka unit analisisnya adalah 136 karyawan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh yang signifikan dari persepsi karyawan tentang kebijakan kompensasi (X ) terhadap kepuasan karyawan (Y 1 vii 1 ); (2) ada pengaruh yang signifikan dari persepsi karyawan tentang pelibatan karyawan (X 2 ) terhadap kepuasan karyawan (Y ); (3) ada pengaruh yang signifikan dari persepsi karyawan tentang program pendidikan dan pelatihan (X 1 ) terhadap kepuasan karyawan (Y ); (4) ada pengaruh yang signifikan dari kepuasan karyawan (Y 1 1 ) terhadap kinerja karyawan (Y ); dan (5) ada pengaruh yang signifikan dari persepsi karyawan tentang program pendidikan dan pelatihan (X 2 ) terhadap kinerja karyawan (Y 2 3 ). Nilai standardized total effect antar variabel menunjukkan bahwa urutan variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan karyawan adalah pelibatan karyawan (0.911), program pendidikan dan pelatihan (0.860), dan terakhir, kebijakan kompensasi (0.018). Urutan variabel yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan adalah : pelibatan karyawan (1.215); program pendidikan dan pelatihan (0.396), kepuasan karyawan (0.334); dan terakhir kebijakan kompensasi (0.024). Kebijakan kompensasi sangat kecil pengaruh langsungnya terhadap kepuasan karyawan, demikian pula dengan pengaruh tak langsung dan pengaruh totalnya terhadap kinerja karyawan. Pelibatan karyawan berpengaruh dominan secara langsung terhadap kepuasan karyawan, demikian pula dengan pengaruh tak langsung dan pengaruh totalnya terhadap kinerja karyawan. Untuk meningkatkan pengaruh positif kepada kepuasan dan kinerja karyawan, perlu ditingkatkan tingkat akomodatif para atasan terhadap usulan-usulan yang diajukan bawahan, khususnya yang menyangkut tugas sehari-hari. Untuk peneliti lain, dapat mengembangkan model persamaan struktural yang dianalisis dengan menambahkan tingkat loyalitas sebagai variabel baru di antara kepuasan dan kinerja. Sebab, loyalitas karyawan juga merupakan hal perlu menjadi perhatian manajemen perusahaan berkaitan dengan tingkat perputaran tenaga kerja. Dengan loyalitas yang tinggi, maka diharapkan perusahaan bisa menekan tingkat perputaran tenaga kerja yang menimbulkan biaya operasional tinggi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25578
Appears in Collections:MT-Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
kadeksumar_1.pdf97.82 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.