Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/24651
Title: PENG EMBANGAN GA MATEMATIKA POKOK BAHASAN Diajukan guna sebagai Program Studi Pendidikan Matematika PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN i ME MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TELEPON GENGGAM (HP) PADA EMBANGAN GAME MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TELEPON GENGGAM (HP) PADA GARIS DAN SUDUT SMP KELAS VII
Authors: FATQURHOHMAN
Keywords: PENG EMBANGAN GA MATEMATIKA POKOK BAHASAN Diajukan guna sebagai Program Studi Pendidikan Matematika PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN i ME MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TELEPON GENGGAM (HP) PADA EMBANGAN GAME ME
Issue Date: 27-Jan-2014
Series/Report no.: 50210191028;
Abstract: ame merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran jenuh yang disebabkan oleh aktifitas dan rutinitas sehari-hari. Pada pembelajaran matematika, game dapat dijadikan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu bagi pecinta game terutama anak-anak, pembelajaran matematika menggunakan media game dapat menjadikan motivasi dalam belajar matematika. Telepon genggam (HP) atau sering disebut telepon seluler (ponsel) merupakan alat komunikasi yang memiliki beberapa fasilitas berupa suara, tulisan, gambar, video, bahkan fasilitas lain yang dimiliki komputer. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengembangan game t-bounce sebagai media pembelajaran matematika berbasis telepon genggam (HP) pada pokok bahasan Garis dan Sudut SMP Kelas VII? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menghasilkan Game t-bounce sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Telepon Genggam (HP) yang dapat dimanfaatkan siswa SMP Kelas VII untuk belajar secara mandiri pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut. Perangkat lunak (Software) utama yang digunakan untuk pengembangan game media pembelajaran matematika berbasis telepon genggam (HP) ini adalah Macromedia Flash Profesional 8. Sedangkan software pendukung yang digunakan adalah Adobe Photoshop CS4, Adobe Audition 1.5, VCD Cutter v.4.04. pemrograman ini menghasilkan file flash movie (*.swf) yang khusus dijalankan pada telepon genggam dengan platform Symbian series 60 dan series 40. Langkah-langkah yang ditempuh dalam pengembangan game media pembelajaran matematika berbasis telepon genggam ini berdasarkan pengembangan media pendidikan oleh Sadiman. Adapun langkah-langkah tersebut antara lain: (1) menentukan tujuan dan kebutuhan, (2) mengumpulkan bahan acuan, (3) mempelajari materi atau isi, (4) mengembangkan ide (brainstorming), (5) mendesain atau pembuatan media, (6) membuat storyboard tampilan pada media, (7) uji visualisasi media, (8) analisis desain dan data, (9) membuat kesimpulan. Evaluasi dan revisi pada penelitian ini melalui 4 tahap yaitu: (1) konsultasi dengan pakar media, (2) penilaian dan tanggapan oleh 2 orang guru matematika, (3) penilaian dan tanggapan oleh 10 mahasiswa pendidikan matematika, (4) uji coba produk dengan 20 siswa kelas VII. Pakar media terdiri dari pakar teknologi dan pembelajaran matematika serta pakar aplikasi telepon genggam. Teknik analisis data menggunakan analisis isi terhadap data kualitatif hasil wawancara dan analisis statistik deskriptif untuk menganalisis data hasil angket peneliaian. Analisis statistik deskriptif menggunakan analisis prosentase untuk menentukan kualifikasi komponen produk media pembelajaran ini. Hasil dari angket pada tahap konsultasi pakar 68,63 % (cukup), tahap penilaian dan tanggapan guru matematika 77,94 % (baik), penilaian dan tanggapan mahasiswa 72,79 % (cukup), tahap uji coba siswa SMP 70,88 % (cukup). Desain pengembangan game media pembelajaran matematika berbasis telepon genggam (HP) terdiri dari game berisi materi, contoh soal, latihan soal, bantuan, dan profil pengembang media. Produk akhir pengembangan media ini berupa aplikasi media pembelajaran dan panduan penggunaan media. Media pembelajaran yang dihasilkan bersifat interaktif, desain dan tampilan terorganisir, menarik, variatif dan inovatif, serta dilengkapi dengan game dan animasi grafis yang dapat membantu pengguna memahami materi pembelajaran yang disajikan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24651
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhubA (32)x_1.pdf429.14 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools