Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/23391
Title: PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 2 KALISAT TAHUN AJARAN 2010/2011
Authors: Taufik Hidayat
Keywords: N METODE PEMBELAJARAN ,PROBLEM SOLVING
Issue Date: 24-Jan-2014
Series/Report no.: 050210191106;
Abstract: Pendidikan merupakan salah satu penentu maju mundurnya suatu bangsa. Dengan meningkatkan mutu pendidikan maka akan meningkat pula sumber daya manusia (SDM) sebagai subjek pembangunan. Namun hingga saat ini mutu pendidikan di Indonesia masih sangat rendah, khususnya dalam bidang matematika. Di SMP Muhammadiyah 2 Kalisat hasil belajar siswa pada pokok bahasan Aritmetika Sosial hanya 50% siswa yang tutas belajarnya (lihat lampiran 26), hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga aktivitas siswa menjadi pasif dan cenderung hanya menerima dari guru. Sehingga perlu adanya penerapan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode Pembelajaran Problem Solving adalah pembelajaran yang menerapkan empat komponen. Komponen tersebut didasarkan pada pendapat Polya, yaitu Define, Plan, Carry Out Plan, dan Look Back. Dalam pembelajaran ini siswa dibagi dalam kelompok kecil yang anggotanya berasal dari siswa yang memiliki kemampuan berbeda. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Tanggart yaitu model skema yang menggunakan prosedur yang dipandang sebagai suatu siklus spiral. Siklus ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang kemudian diikuti siklus spiral berikutnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 2 Kalisat yang berjumlah 28 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi,
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23391
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
K (294)k_1fkip.pdf458.58 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools