Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/22997
Title: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Menggunakan Authentic Assesment Pada Pembelajaran Fisika SMP
Authors: YUNITA KUSTYORINI
Keywords: Pembelajaran Kooperatif
Issue Date: 24-Jan-2014
Series/Report no.: 050210102168;
Abstract: Tercapainya hasil belajar yang maksimum tidak terlepas dari peran guru. Oleh karena itu, guru fisika hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif serta merangsang siswa selalu aktif mengajukan pertanyaan dan mengajarkan kepada siswa untuk menyelidiki suatu masalah dan memecahkannya dengan kondisi kelas yang menyenangkan. Dasar dari pemecahan masalah adalah kemampuan untuk belajar dalam situasi proses berfikir dengan kondisi kelas yang menyenangkan. Hal itu dapat dicapai apabila diterapkan model pembelajaran kooperatif. Dalam pembelajaran kooperatif digunakan keterampilan-keterampilan khusus agar dapat bekerja sama di dalam kelompoknya, seperti menjadi pendengar yang baik, memberikan penjelasan kepada teman sekelompok dengan baik, siswa diberi lembar kerja. Kegiatan yang berisi pertanyaan atau tugas yang direncanakan untuk diajarkan selama kerja kelompok, tugas anggota kelompok adalah mencapai ketuntasan secara bersama-sama. Penerapan model kooperatif dapat menggunakan suatu tipe pembelajaran yang diselingi dengan permainan sehingga kondisi dalam kelas menyenangkan. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif adalah tipe Snowball Throwing. Pembelajaran dengan tipe Snowball Throwing merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa belajar bagaimana bekerja secara individu dan secara kelompok serta menyampaikan idea atau gagasan baik secara lisan maupun dari suatu permasalahan
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22997
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub- (308)_1.pdf190.02 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools