Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/22673
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYOKO RIDIANTO-
dc.date.accessioned2014-01-23T23:09:09Z-
dc.date.available2014-01-23T23:09:09Z-
dc.date.issued2014-01-23-
dc.identifier.nimNIM050210191078-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22673-
dc.description.abstractPentingnya peranan matematika dalam kehidupan, maka perlu adanya peningkatan pembelajaran matematika salah satunya dengan penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman matematika. Pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan suatu model pembelajaran yang menerapkan lima langkah dasar yaitu penomoran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama, menjawab dan memberikan penghargaan. NHT ini melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran (konsep). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel, untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertempat di SMAI Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Data diambil dengan menggunakan metode tes, wawancara, observasi/pengamatan dan pencatatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh selama pembelajaran kooperatif tipe NHT di SMAI Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan tersebut didasarkan pada hasil observasi pada seluruh kategori aktivitas siswa setiap siklusnya. Jadi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Pembelajaran kooperatif tipe NHT ini juga meningkatkan ketuntasan belajar. Hal ini ditunjukkan dari persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus I mencapai 71,11% dan siklus II mencapai 80%, dengan demikian ada peningkatan ketuntasan belajar sebesar 8,89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa kelas X-1 SMAI Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso dengan mengunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210191078;-
dc.subjectNUMBERED HEAD TOGETHERen_US
dc.titlePEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL SMAI RA’IYATUL HUSNAN WRINGIN BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S (212)s_1.pdf306.12 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools