Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/22206
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorEDO ARY NURWINDIKO-
dc.date.accessioned2014-01-23T05:41:20Z-
dc.date.available2014-01-23T05:41:20Z-
dc.date.issued2014-01-23-
dc.identifier.nimNIM090803102008-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22206-
dc.description.abstractBerdasarkan Hasil Praktek Kerja Nyata (PKN) yang dilakukan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Ambulu Cabang Jember selama satu bulan dengan judul pelaksanaan administrasi jasa transfer, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Pelaksanaan Setoran Transfer Keluar Secara Tunai (Antar Cabang). Kegiatan pelaksanaan setoran transfer keluar secara tunai pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Ambulu Cabang Jember menggunakan formulir aplikasi transfer/ slip transfer (OPS-02/2002) berwana biru rangkap dua. Dimana nasabah harus mengisi formulir aplikasi transfer secara lengkap dan sesuai tujuan penerima, kemudian menyerahkan formulir aplikasi transfer beserta jumlah uang yang akan ditransfer ke teller untuk diperiksa kelengkapan, divalidasi ,dan ditandatangani sebagai Checker/Signer. Dengan demikian secara otomatis teller telah mentransfer uang ke bank yang dituju. Teller mendistribusikan formulir aplikasi transfer, lembar 1 disimpan untuk pihak bank sebagai lembar kerja Teller dan lembar 2 untuk nasabah sebagai bukti setoran. 2. Pelaksanaan Setoran Transfer Keluar Secara Pemindahbukuan (Non Tunai). Kegiatan pelaksanaan setoran transfer keluar secara pemindahbukuan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Ambulu Cabang Jember menggunakan formulir aplikasi transfer/ slip transfer (TOM 2010) berwana merah rangkap satu. Dimana nasabah harus mengisi formulir aplikasi transfer secara lengkap dan sesuai tujuan penerima, serta memberi centang pada jenis transfer pemindahbukuan, kemudian menyerahkan formulir aplikasi transfer beserta buku tabungan ke teller untuk diperiksa kelengkapan, divalidasi, dan ditandatangani sebagai Checker. K.a unit juga menandatangani formulir aplikasi transfer sebagai Signer. Dengan demikian secara otomatis teller telah mentransfer uang dari buku tabungan nasabah ke bank yang dituju. Teller menyimpan formulir aplikasi transfer untuk bukti transaksi perbankan, dan mengembalikan buku tabungan yang sudah di print kepada nasabah. 3. Pelaksanaan Setoran Transfer Keluar Antar Bank (Kliring). Kegiatan pelaksanaan setoran transfer keluar antar bank (Kliring) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Ambulu Cabang Jember menggunakan formulir aplikasi transfer/ slip transfer (OPS-03/2002) berwana hijau rangkap tiga. Dimana nasabah harus mengisi formulir aplikasi transfer secara lengkap dan sesuai tujuan penerima, kemudian menyerahkan formulir aplikasi transfer beserta jumlah uang yang akan ditransfer ke teller untuk diperiksa kelengkapan, divalidasi ,dan ditandatangani sebagai Checker. Customer service menandatangani sebagai Marker, K.a unit juga menandatangani formulir aplikasi transfer sebagai Signer. Dengan demikian secara otomatis teller telah mentransfer uang ke bank yang dituju. Teller mendistribusikan formulir aplikasi transfer, lembar 1 dan 3 disimpan untuk pihak bank sebagai arsip dan lembar kerja Teller dan lembar 2 untuk nasabah sebagai bukti setoran. 4. Kegiatan Pelaksanaan Penerimaan Setoran Transfer Masuk Kegiatan pelaksanaan setoran transfer masuk pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Ambulu Cabang jember merupakan proses penerimaan perintah bayar dari hasil pengiriman uang di Kanca/ Kancapem/ BRI unit. Dimana K.a Unit menerima aplikasi transfer masuk dari Kantor Cabang untuk diperiksa kelengkapan kemudian menyerahkan ke Customer Service. Customer Service mencetak surat pemberitahuan sesuai aplikasi transfer masuk. K.a Unit mencocokkan aplikasi transfer masuk dengan surat pemberitahuan dan menandatangani sebagai Checker/ Signer. Teller menerima surat pemberitahuan dari K.a unit untuk diberi nomor surat dan memasukkannya kedalam amplop kemudian mencatatnya pada buku ekspedisi. Teller mengutus petugas kurir untuk mengantarkan surat pemberitahuan transfer masuk kepada nasabah. Untuk mengurus penyelesaian transfer masuk, nasabah harus datang ke bank yang telah mengirim surat pemberitahuan aplikasi transfer masuk tersebut dan menyelesaikan administrasinya. 5. Kegiatan Pelaksanaan Setoran Transfer Status Retour Kegiatan pelaksanaan setoran transfer status retour pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Ambulu Cabang jember merupakan transfer kirim yang dikembalikan oleh Kanca/ Kancapem/ BRI unit penerima pencetak ke Kanca/Kancapem/BRI unit pengirim karena alat tidak dikenali, penerima sudah meninggal atau data tidak sesuai dan lain sebagainya. Dimana K.a Unit menerima pemberitahuan transfer kirim yang statusnya retour dari Kantor Cabang untuk diperiksa kelengkapan kemudian menyerahkan arsipnya ke Customer Service. Customer Service mencocokkan dengan arsip pemberitahuan transfer masuk dan menandatanganinya sebagai Marker. K.a unit memeriksa kebenaran dan mengesahkan surat pemberitahuan aplikasi transfer masuk retour. Teller memvalidasi dan menandatangani surat pemberitahuan sebagai Checker/ Signer kemudian mendistribusikan surat pemberitahuan transfer retour, lembar 3 untuk arsip bank dan lembar 1 dan 2 diserahkan kepada Customer Service untuk dikirim kembali ke Kantor Cabang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090803102008;-
dc.subjectadministrasi jasa transfer, bank BRIen_US
dc.titlePELAKSANAAN ADMINISTRASI JASA TRANSFER PADA PT.BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. UNIT AMBULU CABANG JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:DP-Company Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AB (168)a_1.pdf6.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.