Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/22156
Title: PENGARUH PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN TERHADAP KUALITAS LULUSAN PESERTA DIDIK (Studi Kasus Pada Lulusan Peserta Didik Jurusan Menjahit Pada Balai Latihan Kerja Khusus Perdagangan (BLKKP) di Kota Padang)
Authors: AFRILYA HELLY
Keywords: PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN
Issue Date: 23-Jan-2014
Series/Report no.: 040210301028;
Abstract: Negara Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang mengalami resesi disegala bidang. Permasalahan ini berakibat pada pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sebagian besar karyawan yang mengakibatkan banyaknya tenaga kerja yang menjadi pengangguran. Minimnya lapangan pekerjaan, serta minimnya keahlian dan keterampilan calon tenaga kerja membuat mereka sulit untuk masuk dalam pasar kerja. Program pelatihan keterampilan merupakan kebutuhan pokok untuk memperoleh tenaga kerja terampil. Menurut Mubyarto (1995:56) program pendidikan dan pelatihan akan memberikan pengaruh yang efektif untuk mempengaruhi, mengembangkan, memotivasi, agar terampil menciptakan kesempatan kerja. Tujuan utama setiap program pelatihan keterampilan adalah supaya masing-masing pengikut pelatihan dapat melakukan pekerjaannya kelak lebih efisien. Cripley menyatakan bahwa hubungan antara arah pendidikan dan lapangan pekerjaan tidak dapat dipisahkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan penentuan daerah penelitian secara purposive area. Penelitian ini menggunakan Purposive Accidental Sampling dalam pengambilan sampel dan yang menjadi obyeknya adalah para lulusan peserta didik Balai Latihan Kerja Khusus Perdagangan di Kota Padang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah ix http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji-F dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel bebas pemberian teori, praktek kerja dan magang kerja mempunyai pengaruh yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji simultan dengan menggunakan uji-F dimana F lebih besar dari F tabel (59,695 ≥ 2,947). Koefisien determinasi berganda (R x square hitung ) sebesar 0,865 yang berarti bahwa faktor pelatihan keterampilan memberikan sumbangan 86,5% terhadap kualitas lulusan peserta didik . Berdasarkan hasil sumbangan proporsi dari masingmasing variabel bebas terhadap variabel terikat, pemberian teori (X ) sebesar 28,78%, praktek kerja (X 2 ) sebesar 41,10% dan magang kerja (X ) sebesar 16,58%. Berdasarkan hasil tersebut variabel praktek kerja mempunyai pengaruh yang dominan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22156
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
K (179)k_1fkip.pdf552.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools