Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/21498
Title: Pengaruh Penerapan Assessment Portofolio dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Fisika
Authors: Heri Cahyono
Keywords: Pembelajaran Kooperatif
Issue Date: 23-Jan-2014
Series/Report no.: 040210102132;
Abstract: Model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan bentuk model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil yang tiap kelompok beranggotakan 4–5 siswa. Kelebihan model pembelajaran ini siswa dapat mengembangkan kemamapuan berinteraksi dan berkomunikasi dalam menyelesaikan suatu masalah. Sedangkan assessment portofolio dapat diartikan sebagai bukti dan dokumen yang berupa tugas-tugas yang terorganisir secara sistematis dari seseorang atau peserta didik secara individual dalam proses pembelajaran selama satu periode tertentu. Sehingga penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan serangkaian kegiatan pengumpulan dokumen atau bukti-bukti hasil kegiatan dan tugas siswa yang telah diberikan penilaian setelah berlangsungnmya pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD selama satu unit pembelajaran. Tujuan diadakan penelitian ini adalah: (1) Mengkaji pengaruh penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMA. (2) Mengkaji pengaruh penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain control group pre-test-post-test. Penentuan tempat penelitian adalah dengan purposive sampling area yaitu SMA Negeri 1 Pesanggaran-Banyuwangi. Responden penelitian ditentukan dengan teknik undian setelah dilakukan uji homogenitas. vii Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dan X-4 semester ganjil tahun ajaran 2008/2009. Data diambil dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji normalitas, dan uji beda atau uji t. Analisis data yang menggunakan uji ttes menunjukkan hasil thitung = 2,228 dan ttabel = 1,99 , sehingga thitung > ttabel yaitu 2,228 > 1,99 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi dapat dinyatakan bahwa penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika pada kelas kontrol (menggunakan pembelajaran konvensional) adalah 75,35 % termasuk dalam kategori aktif dan untuk kelas eksperimen (menggunakan pembelajaran menerapkan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD) adalah 83,48 % dalam kategori sangat aktif. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan Hukum Newton dan Penerapannya siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesanggaran-Banyuwangi semester ganjil tahun ajaran 2008/2009. (2) Penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar fisika siswa pada pokok bahasan Hukum Newton dan Penerapannya siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesanggaran-Banyuwangi semester ganjil tahun ajaran 2008/2009.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21498
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub- (198)x_1.pdf154.9 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools