Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/21275
Title: | WACANA ARGUMENTASI DALAM RUBRIK ”OPINI” PADA SURAT KABAR HARIAN ”JAWA POS” DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA KRITIS DI SMA |
Authors: | Winarti |
Keywords: | Wacana Argumentasi dalam Rubrik ”Opini” |
Issue Date: | 22-Jan-2014 |
Series/Report no.: | 070210402096; |
Abstract: | Wacana argumentasi dalam rubrik opini pada surat kabar harian Jawa Pos disusun secara logis oleh penulis dengan mengemukakan alasan dan bantahan sedemikian rupa yang dapat meyakinkan pembaca untuk menyetujui ide dari wacana yang ditulisnya tersebut. Untuk mendapatkan pemahaman wacana, dapat dilakukan melalui analisis struktur dan proposisi wacana tersebut. Wacana argumentasi dalam rubrik opini pada surat kabar harian Jawa Pos juga dapat dimanfaatkan sebagai materi pembelajaran membaca kritis di SMA. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimanakah struktur wacana argumentasi dalam rubrik ”Opini” pada surat kabar harian ”Jawa Pos”?; 2) bagaimanakah proposisi wacana argumentasi dalam rubrik ”Opini” pada surat kabar harian ”Jawa Pos”? Kajian ini meliputi: (a) implikatur; (b) inferensi; dan (c) referensi; dan 3) bagaimanakah pemanfaatan wacana argumentasi dalam rubrik ”Opini” pada surat kabar harian ”Jawa Pos” untuk pembelajaran membaca kritis di SMA? Tinjauan pustaka dalam penelitian ini meliputi: (1) wacana, (2) wacana argumentasi, (3) membaca (4) membaca kritis, dan (5) pembelajaran membaca kritis di SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan rancangannya adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah surat kabar harian Jawa Pos, sedangkan data penelitian ini adalah kalimat-kalimat dalam wacana argumentasi rubrik opini surat kabar harian Jawa Pos. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa tabel pemandu pengumpul data dan tael pemandu analisis data. Prosedur penelitian meliput i tiga tahap yaitu (1) tahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; dan (3) tahap penyelesaian. Hasil dan kesimpulan penelitian ini yaitu: Pertama, struktur wacana argumentasi dalam rubrik opini pada surat kabar harian Jawa Pos terdiri atas pendahuluan, argumen, dan penegasan. Bagian pendahuluan, penulis menunjukkan (a) betapa pentingnya topik argumentasi, ketepatan waktu, dan bagaimana kedudukannya di antara masalah-masalah lainnya; dan (b) menjelaskan latar belakang historis argumentasinya. Bagian argumen menggunakan proses penalaran definisi, sebab akibat, perbandingan, dan analogi. Bagian penegasan, penulis menegaskan pokokpokok penting argumen. Kedua, proposisi wacana argumentasi dalam rubrik opini pada surat kabar harian Jawa Pos menunjukkan: 1) implikatur didasarkan pada (a) sumbangan informasi sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman pembaca, dan (b) sumbangan informasi sesuai dengan tingkat penerimaan pembaca; 2) inferensi dalam wacana tersebut dapat ditafsirkan dengan menggunakan (a) prinsip analogi, dan (b) prinsip penafsiran lokal; serta 3) referensi yang digunakan mengacu pada (a) referensi personal, (b) referensi demonstratif, dan (c) referensi komparatif. Ketiga, wacana argumentasi dalam rubrik opini pada surat kabar harian Jawa Pos dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran membaca kritis di SMA kelas XII semester 1. Pemanfaatan tersebut pada standar kompetensi “3. Memahami artikel dan teks pidato” dengan kompetensi dasar “3.1. Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif”. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat diberikan saran: 1) bagi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai alternatif materi pembelajaran membaca kritis di SMA serta dapat dijadikan sebagai referensi dalam menambah pengetahuan tentang wacana; dan 2) bagi peneliti selanjutnya, hendaknya hasil penelitian ini dijadikan sebagai acuan dan masukan untuk melakukan penelitian lanjutan. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21275 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
21 (189)_processed_1.pdf | 427.97 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools