Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/21163
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorELLAN FATNOER RACHMAWATI-
dc.date.accessioned2014-01-22T06:41:10Z-
dc.date.available2014-01-22T06:41:10Z-
dc.date.issued2014-01-22-
dc.identifier.nimNIM080210191006-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21163-
dc.description.abstractPengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bernuansa Karakter dengan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Pokok Bahasan Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 1 Pakusari Tahun Pelajaran 2012/2013; Ellan Fatnoer Rachmawati, 080210191006; 2013; 72 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tentu saja tidak terlepas dari proses belajar mengajar sebagai kegiatan utama di sekolah. Dua faktor yang cukup berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar yaitu pemilihan model pembelajaran dan perangkat pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) agar dapat difungsikan sebagai model pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, keterampilan intelektual, dan merangsang berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran matematika bernuansa karakter dengan pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan Operasi Bentuk Aljabar dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan Operasi Bentuk Aljabar. Model pengembangan yang digunakan beracuan pada model Thiagarajan dimulai dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran, yaitu telaah karakteristik siswa, konsep yang akan diajarkan, tugas belajar yang akan diberikan, dan tujuan pembelajaran. Proses pengembangan dilanjutkan dengan merancang prototipe (draf 1) perangkat pembelajaran yang dimulai dengan merancang alat evaluasi dan memilih media serta format pembelajaran. Proses pengembangan selanjutnya adalah validasi serta uji coba perangkat pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VIID SMP Negeri 1 Pakusari. Berdasarkan viii hasil penilaian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut draf 2 yang layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya disebut draf 3 (produk). Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP, LKS, dan alat evaluasi berturut-turut adalah 0,95; 0,93 dan 0,937. Perangkat tersebut dikatakan valid karena koefisien validitasnya lebih dari 0,60. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kevalidan. Secara umum proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VIID berjalan baik. Siswa-siswa di kelas VIID cukup aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal itu tercermin pada hasil pengelolaan pembelajaran oleh guru dan aktivitas siswa. Persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama di kelas VIID mencapai 84,44% dengan kategori baik,pertemuan kedua mencapai mencapai 93,33% dengan kategori baik dan pada pertemuan ketiga mencapai 95,56% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Persentase aktivitas siswa di kelas VIID pada pertemuan pertama mencapai 76,67% dengan kategori baik,pada pertemuan kedua mencapai 78,23% dengan kategori baik dan pada pertemuan ketiga mencapai 84,51% dengan kategori baik. Dari analisis angket yang telah diisi siswa di kelas VIID diperoleh lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang ditanyakan. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon baik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Dari analisis tes juga diperoleh bahwa 88,89% siswa di kelas VIID memperoleh nilai ≥75. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika bernuansa karakter dengan pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) telah memenuhi kriteria keefektifan perangkat pembelajaran dan menjadi perangkat yang konsisten dan efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191006;-
dc.subjectPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERNUANSA KARAKTERen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERNUANSA KARAKTER DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) POKOK BAHASAN OPERASI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 1 PAKUSARI TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub 1 (151)_1.pdf218.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools