Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/21038
Title: TANGGUNG JAWAB HUKUM PELAKU USAHA WARALABA TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT ADANYA PELANGGARAN MUTU PRODUK DAN LAYANAN DALAM BISNIS WARALABA
Authors: ADITYA DWI IRAWAN
Keywords: WARALABA, MUTU PRODUK, KERUGIAN KONSUMEN
Issue Date: 22-Jan-2014
Series/Report no.: 090710101093;
Abstract: Bentuk perlindungan hukum bagi konsumen atas mutu produk dan layanan dalam bisnis waralaba (franchise) ialah diakuinya hak – hak dan kewajiban – kewajiban konsumen secara keseluruhan oleh pelaku usaha waralaba (franchise) yang timbul dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhannya. Yaitu bagi konsumen mulai dari usaha untuk mendapatkan kebutuhannya dari pelaku usaha waralaba (franchise), meliputi: informasi, memilih barang atau produk, memilih harga sampai pada akibat – akibat yang timbul karena penggunaan dari kebutuhan itu, misalnya untuk mendapatkan ganti kerugian. Bentuk atau wujud tanggung jawab pelaku usaha waralaba (franchise) dalam pemberian ganti kerugian, yaitu berupa: Pengembalian uang atau penggantian barang dan/atau jasa sejenis atau setara nilainya atau perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan, sesuai dengan ketentuan perundang – undangan yang berlaku. Sedangkan upaya yang dapat dilakukan oleh konsumen terhadap tindakan pelaku usaha yang merugikannya adalah pertama dengan melakukan komplain untuk menuntut penggantian kerugian secara langsung kepada pelaku usaha yang bersangkutan. Setelah upaya tersebut gagal, disediakannya pilihan penyelesaian sengketa, yakni melalui pengadilan (litigasi) maupun diluar pengadilan (nonlitigasi).
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21038
Appears in Collections:UT-Faculty of Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ADITYA DWI IRAWAN_1.pdf964.48 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools