Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/20661
Title: Manfaat Susu Kedelai-Madu Lokal Terhadap Kekebalan Tulang Kortikal (Compacta) dan Trabekular (Trabecular) Mandibula Tikus Wistar Jantan (Penelitian Eksperimental Laboratoris).
Authors: Anggitmas Dwindana Gunawan Jaya
Keywords: MANFAAT SUSU
Issue Date: 22-Jan-2014
Series/Report no.: 071610101082 FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS JEMBER 2011 http://digilib.unej.http://digilib.unej.http://digilib.unej.http://digilib.unej.http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.http://digilib.unej.http://digilib.unej.http://digilib.unej.http://;
Abstract: Struktur dalam jaringan tulang terdiri dari dua bagian utama, yaitu tulang kortikal dan tulang trabekular. Bagian tulang kortikal jauh lebih padat, lebih keras dan lebih kuat dibandingkan tulang trabekular. Sedangkan, tulang trabekular memiliki luas permukaan yang lebih besar, tetapi kurang pada, kurang keras, serta lebih lemah dan lunak. Secara umum, kekuatan tulang didasarkan pada ukuran dan ketebalan tulang. Ketebalan tulang ditentukan oleh ketebalan tulang kortikal dan ketebalan tulang trabekular. Penelitian tentang ketebalan tulang kortikal dan trabekular secara tidak langsung akan dapat menentukan kekuatan tulang secara umum. Salah satu cara untuk membentuk struktur tulang yang baik dan kuat adalah dengan memperbaiki asupan gizi. Susu kedelai madu lokalmerupakan salah satu contoh asupan gizi yang dapat meningkatkan kualitas jaringan tulang. Kandungan mineral kedelai, terutama kalsium dan fosfor sangat berguna dalam pembentukan kristal hidroksiapatit tulang. Kedelai juga mengandung suatu senyawa isoflavon seperti Genistein dan Daidzein yang dapat menekan stimulasi osteoklas dan menghambat kehilangan kalsium melalui urine. Selain kedua kandungan tersebut, kedelai juga masih memiliki kandungan lain, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan bahan bioaktif lain yang ikut menunjang pembentukan tulang.. Nutrisi tersebut akan ditunjang oleh madu yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat pada madu ini dapatmeningkatkan metabolisme tulang karena dapat cepat di serap dan menghasilkan energi bagi tubuh. Beberapa kandungan nutrisi lain dalam madu, seperti protein, asam organik, vitamin dan mineral walaupun terdapat dalam jumlah sedikit tetapi dapat ikut berperan dalam menunjang perkembangan tulang.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20661
Appears in Collections:UT-Faculty of Dentistry

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub- (34)xx_1.pdf723.63 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools