Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/20279
Title: PENGARUH TERAPI MUSIK TERHADAP TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK ABA KALISAT KABUPATEN JEMBER
Authors: Khofi Hadidi
Keywords: TERAPI MUSIK
Issue Date: 22-Jan-2014
Series/Report no.: 072310101059;
Abstract: Anak memerlukan perhatian khusus untuk optimalisasi tumbuh kembang. Perkembangan anak dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain faktor genetik, keluarga, lingkungan dan psikososial yang salah satunya berupa stimulasi. Stimulasi tersebut dapat berupa alat permainan edukatif, terapi bermain, dan musik. Anak yang mendapat banyak stimulasi akan lebih cepat berkembang daripada anak yang kurang mendapatkan stimulasi. Anak yang diberikan terapi musik oleh orang tuanya 92% akan mengalami peningkatan dalam hal konsentrasi, keterampilan serta menambah kepercayaan diri. Terapi musik dilakukan dengan memperdengarkan anak musik bertema ceria dan semangat serta mengajak anak untuk ikut bernyanyi. Musik bertema ceria dan semangat akan menghasilkan emosi positif bagi anak yang dapat menyebabkan sistem pernafasan, endokrin, imun, kardiovaskuler, metabolik, motorik, nyeri, sistem temperature, akan bereaksi positif. Musik membuat anak senantiasa ikut bernyanyi dimana secara tidak langsung, akan mengasah kemampuan anak menyerap, mengingat, dan mengucapkan kata-kata pada lirik lagu tersebut. Ini merupakan cara efektif untuk memperluas perbendaharaan kata serta kemampuan berbahasa pada anak (Rasyid, 2010). Pemberian musik dalam waktu 4 bulan saja dapat meningkatkan perkembangan anak usia prasekolah dengan durasi 30-40 menit dalam sepekan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi musik terhadap tingkat perkembangan anak usia prasekolah di TK ABA Kalisat Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pre eksperimental dengan rancangan one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua x siswa TK ABA yaitu sebanyak 161 siswa. Sampel yang digunakan adalah anak usia prasekolah yang memenuhi kriteria inklusi. Terdiri dari anak yang berumur 3 hingga 5 tahun. Jumlah sampel yang digunakan adalah 12% dari total populasi yaitu sebanyak 20 siswa. Tekhnik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Penelitian ini merupakan penelitian wilcoxon match pairs test dengan taraf kesalahan (p) yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1%. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat perkembangan anak usia prasekolah di TK ABA Kalisat Kabupaten Jember sebelum dilakukan terapi musik mayoritas termasuk dalam kategori suspek sebanyak 90% responden. Tingkat perkembangan setelah dilakukan terapi musik mayoritas termasuk dalam kategori normal sebanyak 70% responden. Hasil uji wilcoxon didapatkan nilai p sebesar 0,001 dengan tingkat kemaknaan 0,01. dengan demikian H0 ditolak, terdapat pengaruh terapi musik terhadap tingkat perkembangan anak usia prasekolah di TK ABA Kalisat Kabupaten Jember
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20279
Appears in Collections:UT-Faculty of Nursing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
gdlhub- (127)_1.pdf280.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools