Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/19956
Title: Penerapan Metode Permainan Tebak Kata Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII PJ 2 SMK Negeri 1 Tanggul pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Bentuk Pengkhususan Perusahaan Semester Genap Tahun Ajaran 2008/2009).
Authors: HANIFAH
Keywords: PENERAPAN METODE PERMAINAN TEBAK KATA GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Issue Date: 21-Jan-2014
Series/Report no.: 040210301148;
Abstract: Guru sangat berpengaruh pada perubahan tingkat pengetahuan siswa. Dalam meningkatkan pengetahuan siswa, seorang guru harus pandai menyampaikan materi pelajaran sehingga mudah dipahami dan dimengerti siswa. Proses pembelajaran dinyatakan berhasil atau tidak ditentukan oleh hasil belajar yang dicapai siswa. Kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari berbagai permasalahan. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah rendahnya hasil belajar siswa. Permasalahan ini dapat terjadi pada setiap mata pelajaran di berbagai sekolah. Salah satunya adalah pada mata pelajaran Ekonomi kelas XII PJ 2 di SMK Negeri 1 Tanggul. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh siswa dengan penerapan metode permainan tebak kata penerapan metode permainan tebak kata guna meningkatkan hasil belajar siswa. (studi kasus pada siswa kelas XII PJ 2 SMK Negeri 1 Tanggul pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan bentuk pengkhususan perusahaan semester genap tahun ajaran 2008/2009. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus. Penelitian ini mengambil kelas XII PJ 2 SMK Negeri 1 Tanggul sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 22 siswi dan 14 siswa sebagai subjek penelitian karena siswa kelas XII PJ 2 mempunyai hasil belajar yang paling rendah dibandingkan dengan kelas XII yang lainnya dalam hal ini adalah pada mata pelajaran Ekonomi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa siswa lebih antusias dan senang dalam mengikuti pembelajaran Ekonomi dengan menggunakan metode permainan tebak kata, hal ini terbukti dari ketidakseganan siswa untuk bertanya baik pada guru maupun pada observer jika mereka mengalami kesulitan. Dari penelitian ini juga didapatkan hasil yang menyatakan rata – rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 65,3% dengan rincian sebagai berikut: memperhatikan penjelasan dan mendengarkan penjelasan 93,1%, bertanya 26,4%, menjawab dan mengemukakan pendapat 27,8%, ketepatan menjawab kata yang dimaksud 83,3%, ketepatan menjawab kata yang dimaksud dengan waktu yang disediakan 77,8% dan kelancaran bermain tebak kata 83,3%. Pada siklus II rata – rata aktivitas siswa mencapai 90,8% dengan rincian sebagai berikut: memperhatikan penjelasan dan mendengarkan penjelasan 98,6%, bertanya 79,2%, menjawab dan mengemukakan pendapat 90,2%, ketepatan menjawab kata yang dimaksud 94,4%, ketepatan menjawab kata yang dimaksud dengan waktu yang disediakan 88,9% dan kelancaran bermain tebak kata 94,4%, sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan permainan tebak kata cukup baik, sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 83,3% dan pada siklus II mencapai 97,2%. Perolehan ini menunjukkan bahwa penerapan metode tersebut cukup efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran Ekonomi pokok bahasan bentuk pengkhususan perusahaan semester genap tahun ajaran 2008/2009.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19956
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A (247)xc_1.pdf553.91 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools