Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/19918
Title: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) MENGGUNAKAN PERMAINAN MONOPOLI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN KELAS VII D SMP NEGERI 2 JENGGAWAH TAHUN AJARAN 2009/2010
Authors: AHMAD YULIANTO
Keywords: KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS
Issue Date: 21-Jan-2014
Series/Report no.: 060210191170;
Abstract: Permasalahan yang muncul berkaitan dengan pembelajaran matematika seringkali terjadi disetiap jenjang sekolah. Salah satu sekolah yang mempunyai permasalahan berkaitan dengan pembelajaran matematika adalah SMP Negeri 2 Jenggawah, khususnya kelas VII D. Berdasarkan observasi awal dan wawancara singkat dengan guru bidang studi matematika kelas VII D SMP Negeri 2 Jenggawah yang dilaksanakan tanggal 2 November 2009 menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa terhadap materi masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena siswa merasa jenuh terhadap metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional sehingga siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut terlihat pada hasil ujian tengah semester siswa kelas VII D semester 1, bahwa ada 30% siswa yang tidak tuntas dari kriteria ketuntasan minimum 66. Guru sebagai pendidik harus mampu menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan agar minat siswa dalam proses belajar mengajar lebih maksimal dan tercapai hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jenggawah selama pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan menggunakan media permainan monopoli matematika pokok bahasan himpunan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19918
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
kip (98)x_1.pdf153.78 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools